Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Mengedit Tabel di Microsoft Word

Tabel merupakan sekumpulan kolom dan baris yang digabung menjadi satu bagian. Biasanya tabel digunakan untuk membuat daftar seperti daftar barang, nama, formulir dan lain sebagainya. Disamping itu, tabel juga memiliki fungsi untuk menjelaskan secara singkat mengenai informasi yang hendak disampaikan tanpa harus menjelaskannya secara panjang lebar.

Salah satu profesi yang paling sering menggunakan tabel dalam menunjang pekerjaannya adalah guru dan dosen. Ketika hendak membuat penilaian hasil belajar dalam bentuk rapor tentu saja para guru harus membuat tabel dan kemudian diisi dengan nilai dari para muridnya. Perhatikan saja rapor kamu, pasti isinya tabel semua. Dan bukan hanya profesi itu saja yang harus menggunakan tabel namun hampir semua profesipun menggunakan tabel sebagai penunjang dalam menyelesaikan pekerjaan.

Biasanya tabel terdiri dari kolom dan baris. Kolom (columns) pada tabel merupakan garis yang terbentang secara horizontal sedangkan baris (rows) pada tabel merupakan garis yang terbentang kebawah (secara vertikal).

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tabel, namun yang paling sering digunakan adalah Microsoft Excel karena memang aplikasi tersebut digunakan untuk mengolah data dalam bentuk tabel. Selain itu, aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuat tabel adalah Microsoft Word.

Walaupun fitur yang disediakan tidak selengkap yang ada pada Ms Excel, namun kamu bisa membuat tabel pada Ms Word untuk menunjang dokumen yang hendak kamu buat.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan panduan lengkap cara membuat tabel serta mengedit tabel tersebut. Mengedit tabel yang saya maksud adalah memodifikasi tabel misalnya menggabungkan baris dan kolom, menghilangkan baris dan kolom dan sebagainya.

Cara Membuat Tabel di Ms Word

Untuk membuat tabel di Microsoft Word, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni sebagai berikut:

Cara 1: Membuat Tabel Kemudian Mengisi Datanya

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Ms Word
  • Di lembar kerja baru Ms Word, silahkan pilih ke Menu Bar => Insert kemudian pilih Table
  • Selanjutnya silahkan sesuaikan berapa kolom (vertikal) dan juga baris (horisontal) tabel yang akan anda buat. Cara membuatnya, kamu hanya perlu menggeser mouse ke kanan untuk menentukan kolomnya dan juga kebawah untuk menentukan barisnya.
  • Maka secara otomatis, tabelpun akan muncul di lembar kerja anda.
Namun bagaimana jika kita ingin membuat tabel lebih padahal misalnya 15 kolom dan 15 baris padahal pada fitur tersebut hanya menyediakan 10 kolom dan 8 baris saja? Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Di lembar kerja Ms Word, Silahkan ke Menu Bar => Insert => Table kemudian pilih Insert Table
  • Di jendela Insert Table, silahkan masukkan jumlah kolom dan baris pada tabel yang hendak anda buat, sebagai contoh saya akan membuat 15 kolom dan 15 baris. Terakhir silahkan klik OK
  • Secara otomatis tabel yang dibuat akan muncul di lembar kerja anda.

Cara 2: Membuat Data Terlebih Dulu dan Dimasukkan Kedalam Tabel

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah membuat datanya terlebih dahulu kemudian dimasukkan kedalam tabel. Cara ini sebenarnya tergolong sedikit repot tapi kalau anda sudah terlanjur membuat datanya maka cara ini efektif untuk dilakukan.
  • Pertama silahkan buka aplikasi Ms Word
  • Selanjutnya silahkan buat data yang akan dimasukkan kedalam tabel nantinya. Contohnya kurang lebih seperti gambar berikut.
  • Jika datanya sudah jadi, silahkan block terlebih dahulu kemudian pilih Tab Insert => Table kemudian Convert Text to Table...
  • Di jendela Convert Text to Table, anda tidak perlu mengubah pengaturannya karena secara otomatis menyesuaikan data yang telah anda ketik tadi. Jika anda mengubahnya bisa jadi dalam tabel nanti, datanya menjadi tidak beraturan. Jika sudah maka klik OK
  • Jika sudah maka data anda tadi akan masuk kedalam kolom. Namun sebelum itu anda harus mengapus kolom lebih yang ada pada tabel tersebut. Caranya silahkan blok terlebih dahulu kolom kosong tersebut
  • Selanjutnya klik kanan pada kolom yang telah di blok tadi kemudian pilih Delete Columns
  • Nah jika sudah maka kolom kosong tersebut akan hilang dan tabelpun sudah sesuai yang diinginkan.

Cara Mengedit tabel di Ms Word

Hal selanjut yang akan saya bahas mengenai mengedit tabel yang dibuat misalnya saja menghapus kolom, menghapus baris, dan lain sebagainya. Yuk langsung disimak penjelasannya dibawah ini.

Cara Menggabungkan Baris pada Tabel Ms Word

  • Pertama-tama silahkan anda blok terlebih dahulu beberapa baris yang akan disatukan
  • Selanjutnya klik kanan pada baris tersebut kemudian pilih Merge Cells
  • Dengan demikian baris yang telah di blok tadi akan menyatu menjadi satu

Cara Menambahkan Kolom (kiri & kanan) dan Baris (atas & bawah)

Siapa tau anda masih ingin menambahkan kolom dan baris pada tabel yang telah anda buat, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Silahkan tempatkan kursor pada kolom atau baris yang hendak anda tambahkan.
  • Selanjutnya silahkan klik kanan pada kolom tersebut kemudian pilih Insert. Disitu akan terdapat 4 opsi yang bisa anda gunakan sebagai berikut:

    1. Insert Columns to the Left digunakan untuk menambahkan kolom di sebelah kiri pada kolom yang telah ditentukan.
    2. Insert Columns to the Right digunakan untuk menambahkan kolom di sebelah kanan pada kolom yang telah ditentukan.
    3. Insert Rows Above digunakan untuk menambahkan baris di sebelah atas pada posisi yang telah ditentukan
    4. Insert Rows Below digunakan untuk menambahkan baris di sebelah bawah pada posisi yang telah ditentukan
  • Silahkan pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan entah itu untuk menambahkan baris (atas, bawah) ataupun kolom (kiri, kanan).

Penutup

Demikianlah beberapa penjelasan dan uraian saya mengenai cara membuat dan mengedit tabel menggunakan Microsoft Word. Mungkin saja masih ada yang belum saya jelaskan mengenai cara mengedit tabel pada ulasan kali ini oleh karena itu silahkan berikan komentar dan saya akan mencoba menjelaskannya. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close