Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Jarak Spasi di Microsoft Word

Spasi merupakan salah satu hal penting yang wajib disesuaikan ketika membuat dokumen di Microsoft Word. Pengaturan spasi antar baris dalam satu paragraf akan membuat dokumen menjadi lebih rapi sehingga mudah dibaca.

Bagi para pelajar dan mahasiswa ketika diminta untuk mengerjakan tugas, dosen biasanya memberikan beberapa aturan atau sistematika penulisan misalnya saja spasi harus 2,0 untuk karya ilmiah (makalah, skripsi, tesis, disertasi, dsb), spasi 1,0 untuk paper, dan lain sebagainya.

Bukan hanya bagi pelajar dan mahasiswa, pekerjaan lain yang mengharuskan kita menggunakan aplikasi Microsoft Wordpun juga diminta untuk mengatur spasi agar dokumen yang dibuat menjadi rapi dan menarik. Namun di Microsoft Word sendiri telah tersetting secara default spasi 1,5 sehingga kita wajib mengaturnya terlebih dahulu agar sesuai yang diinginkan.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan dengan jelas cara mengatur spasi di Microsoft Word secara lengkap dan tentunya mudah untuk diikuti. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Mengatur Spasi di Ms Word

Untuk mengatur spasi di Microsoft Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Microsoft Word. Jika dalam aplikasi tersebut sudah ada kalimat yang akan diatur spasinya pastikan kalimat tersebut diblok terlebih dahulu, namun jika belum ada kita bisa langsung mengatur spasinya
  • Di Menu Home, silahkan ke kolom Paragraph kemudian pilih Line Spacing
  • Selanjutnya silahkan atur spasi pada kalimat (pilih dan klik salah satunya) misalnya saja spasi 1,0; 1,15; 1,5; 2,0; 2,5; 3,0.
  • Nah jika sudah maka spasi antar baris akan berubah dengan sendirinya
Nah bagaimana jika kita mengingkankan jarak spasi sendiri misalnya spasi 1,7 atau 1,89 padahal jarak spasi tersebut tidak tersedia di deretan spasi pada Line Spacing. Untuk mengatasi masalah tersebut, langkahnya sebagai berikut:
  • Di Menu Home, silahkan ke kolom Paragraph dan klik Show the Paragraph Dialog Box maka jendela Paragraph akan terbuka
  • Selanjutnya silahkan ke kolom Spacing kemudian atur Line Spacing menjadi Multiple dan pada kolom At silahkan masukkan spasi yang diinginkan misalnya saya memasukkan spasi 1,7
  • Terakhir silahkan klik OK untuk menyimpan pengaturan dan secara otomatis jarak spasi akan berubah sesuai yang telah kita atur tadi.
Disamping itu masih ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatur jarak spasi pada kalimat di Microsoft Word yakni dengan menggunakan perintah keyboard. Daftar perintahnya sebagai berikut:
  1. CTRL + 1 digunakan untuk jarak spasi 1,0
  2. CTRL + 2 digunakan untuk jarak spasi double (spasi 2)
  3. CTRL + 5 digunakan untuk jarak spasi 1,5

Kesimpulan

Ketika mengatur spasi di Microsoft Word kita biasanya hanya terfokus pada spasi yang telah tersedia di Line Spacing tanpa kita ketahui bahwa ternyata kita bisa mengatur jarak spasi yang lain sesuai dengan keinginan kita dan tidak tersedia di daftar Line Spacing. Oleh karenanya semoga artikel mengenai cara mengatur jarak spasi di Microsoft Word ini dapat berguna bagi anda sekaligus menambah wawasan baru diseputar penggunaan aplikasi Microsoft Word. Sekian dan terima kasih.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close