Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Background Foto di Microsoft Word

Seringkali ketika kita hendak memasukkan sebuah lamaran atau pendaftaran baik itu melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi-instansi, mendaftar di sekolah ataupun kampus, kita diharuskan untuk memasukkan pas foto sebagai salah satu persyaratan dalam lamaran atau pendaftaran tersebut. Tidak menutup kemungkinan juga, background dari foto tersebut sudah ditentukan dari pihak sekolah atau instansi tempat anda melamar sehingga mungkin saja anda hanya memiliki foto dengan background merah kemudian diharuskan memasukkan foto dengan background warna biru.

Bagi anda yang tidak mau repot, pasti akan pergi ke studio foto untuk melakukan pemotretan ataupun ke jasa edit foto untuk mengubah background foto tersebut sesuai dengan keinginan. Ya mungkin saja karena anda merasa tidak menguasai aplikasi pengedit foto seperti photoshop, namun ternyata mengubah background foto bisa kita lakukan dengan menggunakan aplikasi microsoft word dan hasilnyapun tidak kalah dengan editan menggunakan aplikasi photoshop.



Saya yakin kalau aplikasi microsoft word ini merupakan aplikasi yang paling lasim di gunakan orang jadi saya yakin anda sudah hafal fungsi menu dari aplikasi ini sehingga sangat mudah di gunakan.

Walaupun demikian, berhubung karena microsoft word fungsinya untuk mengelolah dokumen dalam bentuk kata atau kalimat, maka fungsi untuk mengedit fotopun bisa dikategorikan sangat terbatas jika dibandingkan dengan aplikasi editing foto seperti photoshop dan sejenisnya.

Adapun kendala atau kekurangan yang akan anda temui ketika menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Anda hanya bisa mengganti background foto yang sudah diganti dengan latar berwarna. Misalnya dari merah ke biru. Jadi untuk foto yang masih berlatar acak, memiliki banyak warna, pemandangan dan lain sebagainya akan sangat sulit di edit di sini.
  • Tools editing background yang disediakan sangat terbatas.

Nah jika anda sudah mengetahui kelemahannya maka langsung saja, beginilah caranya mengubah Background foto di Microsoft word.

Cara mengganti Background Foto di Microsoft Word

Pertama-tama, untuk mengedit foto tersebut tentu saja anda harus mempunyai aplikasi microsoft word, entah itu microsoft word 2007, 2013 dan lain sebagainya. Nah jika anda belum punya ya silahkan instal terlebih dahulu yah. hehe

Selanjutnya, silahkan anda:

  • buka aplikasi microsoft word (disini saya menggunakan microsoft word 2013)
  • Kemudian pilih menu Insert => Pictures
  • Pilih foto yang hendak anda ubah bacgroundnya kemudian klik insert, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

Jika tampilannya sudah seperti gambar diatas, silahkan anda tentukan dulu background yang hendak anda gunakan untuk mengganti background asli. Nah disini saya akan mengganti background asli diatas (merah) menjadi background warna biru.

  • Langkah selanjutnya, silahkan anda klik foto tersebut dan secara otomatis akan muncul menu Format
  • Untuk melepas background aslinya, silahkan anda pilih dan klik Remove Background di Menu Format tersebut
  • kemudian akan muncul garis berbentuk segi empat. Silahkan anda sesuaikan garis tersebut sesuai dengan foto.
  • Jika tampilannya seperti gambar di bawah ini, dimana background yang telah kita sesuaikan tadi menutupi objek/ orang yang ada di foto, silahkan anda pilih Mark Areas To Keep di menu Format tersebut untuk menghilangkan background yang menutupi foto. Silahkan anda garis bacground yang menutupi objek tersebut (silahkan perhatikan gambar)
  • Jika semua background yang menutupi objek telah hilang, silahkan anda pilih Insert => Shapes untuk mengganti backgroundnya
  • di Shapes, silahkan anda pilih logo yang berbentuk kotak
  • Sesuaikan logo tersebut dengan foto
  • kemudian sesuaikan warna background tersebut (disini saya akan menggunakan warna biru) di Shape Fill
  • Selanjutnya klik kanan pada shape yang anda buat tadi, pilih Wrap Text => Behind Text
  • Jika selesai maka hasilnya akan sama seperti gambar di bawah ini


Bagaimana? cukup mudah bukan? dan hasilnyapun tidak kalah dari editan di photo shop. Hasil editing background foto bisa langsung anda cetak ketika telah selesai mengatur ukurannya. Jadi tidak perlu repot-repot lagi.

Demikianlah sedikit ulasan dari saya mengenai Cara Mengganti Background Foto di Microsoft Word, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close