Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Mencetak Foto Polaroid di Microsoft Word

Sekarang ini sedang trend di media sosial foto-foto ala polaroid. Foto ini banyak sekali diminati oleh anak eksis jaman now. Namun sayangnya untuk membuat foto tersebut kamu memerlukan kamera polaroid. 

Nah apa itu kamera polaroid?

Kamera polaroid merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengambil gambar secara instan dimana kamu bisa langsung mencetak gambar yang telah kamu jepret dan menggenggamnya tanpa membutuhkan waktu yang lama.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan juga tergolong ringan, maka kamera jenis ini dengan mudah dibawa untuk kebutuhan traveling atau ketika ada acara bersama dengan teman dan keluarga.

Sayangnya harga kamera ini tergolong cukup mahal, dan untuk kamu yang sedang berhemat tentu saja berfikir dua kali untuk membeli kamera jenis ini. Apalagi jika kualitas kamera smartphone kamu tergolong cukup bagus maka kamu pasti akan berfikir "daripada beli kamera mahal-mahal, toh masih ada kamera hp yang kualitasnya juga cukup bagus dan bisa mengambil gambar, mending pake kamera ini saja". hehe

Terus bagaimana cara mencetak foto tersebut agar bisa seperti ala-ala polaroid? Tenang saja! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat dan mencetak foto polaroid di microsoft Word. Jadi silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Membuat Foto Polaroid di Smartphone

Untuk membuat foto dengan efek-efek ala polaroid melalui smartphone kamu, kamu hanya perlu menginstal aplikasi edit foto polaroid seperti Polycam di smartphone kamu.

Kemudian berfotolah atau arahkan lensa kamera ke objek yang akan kamu potret dan jika sudah silahkan beri efek yang telah tersedia didalam aplikasi tersebut seperti efek cahaya, filter, color correction, dan lain sebagainya. Intinya yah sekreatif mungkin hingga gambarnya menyerupai jepretan kamera polaroid asli.

Cara Mencetak Foto Polaroid di Microsoft Word

Nah jika fotonya telah siap, maka langkah selanjutnya adalah mencetak gambar tersebut. Untuk mencetak gambar tersebut tentu saja kita harus menggunakan aplikasi Microsoft Word di komputer atau laptop dan juga kita membutuhkan alat pencetak gambar dalam hal ini print.

Jika semuanya sudah tersedia maka cara untuk menata fotonya di MS. Word adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Microsoft Word
  • Di lembar kerja baru, silahkan ke Menu Bar kemudian pilih Page Layout lalu pilih Margins dan Custom Margins

  • Secara otomatis kamu akan dibawa ke jendela Page Setup. Pada bagian Margins, silahkan atur Top, Left, Bottom, Right menjadi 1 cm kemudian klik OK


  • Masih di Page Layout, silahkan pilih Size lalu pilih ukuran A4

  • Selanjutnya silahkan ke Menu Insert lalu pilih Shapes kemudian pilih bentuk Rectangle

  • Selanjutnya di lembar kerja, tarik garis dari kiri ke kanan sehingga membentuk persegi panjang lalu pada pojok kanan atas di Drawing Tools, silahkan ubah ukurannya di Size menjadi 9cm x 6cm

  • Masih di Drawing Tools, silahkan ke Shape Outline kemudian pilih warna hitam


  • Jika sudah silahkan masukkan fotonya dari perangkat komputer anda kedalam lembar kerja. Nah jika fotonya sudah didalam, maka terlihat fotonya seperti dibelakang shapes. Untuk memunculkannya ke bagian permukaan silahkan klik kanan pada gambar tersebut kemudian pilih Text Wrapping lalu pilih In Front of Text

  • Nah kalau gambarnya sudah diatas shapes, silahkan sesuaikan ukuran gambarnya dengan shapes tersebut. kamu bisa memperkecil, memperbesar atau menggeser gambar tersebut sesuka hati hingga pas dengan ukuran shapes. Kurang lebih hasilnya akan jadi seperti dibawah ini

  • Nah satu foto polaroid berhasil dibuat. Selanjutnya silahkan copy shapes yang telah dibuat tadi kemudian pastekan di samping foto polaroid yang telah dibuat tadi (bisa tekan CTRL + C untuk Copy kemudian CTRL + V untuk paste) . Lakukan hal tersebut hingga seluruh lembar kerja yang masih kosong terisi.

  • Silahkan masukkan kembali gambar dari perangkat anda kemudian sesuaikan dengan semua ukuran shapes, caranya sudah saya jelaskan diatas tadi.

  • Nah terakhir foto polaroid siap untuk dicetak 

Penutup

Yah walaupun agak sedikit repot tapi setidaknya cara diatas sangat efektif bagi kamu yang tidak mempunyai kamera polaroid agar bisa tetap eksis. Juga foto-foto yang telah kamu cetak bisa digunakan sebagai hiasan di kamar agar terlihat cantik dan juga menarik.

Saya rasa cukup sekian pembahasan saya mengenai Cara Membuat dan Mencetak Foto Polaroid di Microsoft Word, Semoga dapat bermanfaat.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close