Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Titik Daftar Isi Secara Otomatis di MS. Word

Buat kamu yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa tentu saja sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam karya tulis ilmiah. Karya tulis tersebut dapat berupa makalah, skripsi, tesis, disertasi, jurnal penelitian ilmiah dan lain sebagainya.

Biasanya ketika membuat karya tulis ilmiah tersebut, salah satu unsur pentingnya yaitu daftar isi. Daftar isi merupakan salah satu bagian pada karya tulis ilmiah yang berisikan isi pokok dalam sebuah karya ilmiah. Dengan melihat daftar isi, kita bisa tahu persis bagian-bagian dari karya tulis tersebut, apa-apa saja yang dibahas didalamnya dan juga dimana letak halaman pembahasan tersebut. Yah singkatnya daftar isi semacam navigasi dalam sebuah karya tulis.

Jika kita memperhatikan daftar isi, terdapat titik-titik pada bagian halaman rujukan yang diakhiri dengan nomor halaman agar pembaca dengan mudah mengetahui halaman mana yang dituju oleh bagian itu.

Untuk membuat titik-titik tersebut, kebanyakan orang menggunakan cara manual. Emang salah? Ya tidak sih. Tapi cara tersebut tergolong kurang efektif karena beberapa alasan seperti:

  1. Memakan waktu terlalu lama hanya untuk membuat titik-titik pada daftar isi
  2. Tidak terlalu rapi apalagi dalam hal mensejajarkan bagian dekat dengan nomor halaman
  3. Ketika hendak menambahkan (mengedit) keterangan judul atau sub judul, titik-titik tersebut tidak secara otomatis menyesuaikan sehingga kita kemudian harus menyesuaikan titik-titik tersebut kembali.
Yah secara singkatnya, kalau kita memakai cara manual tergolong rempong.

Nah untuk mengatasi persoalan tersebut, ternyata pada aplikasi Microsoft Word terlah menyediakan fitur dimana kamu bisa membuat titik-titik pada daftar isi secara otomatis. Yah dibanding dengan membuat titik-titik secara manual, jika kita menggunakan fitur ini maka segala persoalan yang telah saya paparkan diatas (cara manual) bisa teratasi. 

Singkatnya kalau ada yang mudah, kenapa harus dipersulit? Iya gak?

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit trik bagaimana cara membuat titik daftar isi secara otomatis di MS. Word. Jadi silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Membuat Titik-titik Daftar Isi di Microsoft Word

  • Pertama-tama silahkan anda buka aplikasi MS. Word
  • Kemudian silahkan buat daftar isinya terlebih dahulu
  • Langkah selanjutnya adalah silahkan kamu block daftar isi yang telah kamu buat tadi, kemudian silahkan ke Menu Bar kemudian pilih Menu Page Layout kemudian ke kolom Paragraph kemudian klik Show The Paragraph Dialog Box (perhatikan gambar)


  • Maka secara otomatis jendela Paragraph akan muncul. Di Paragraph tersebut, silahkan klik Tabs

  • Kemudian jendela Tabs akan terbuka. Sebenarnya untuk memunculkan jendela ini, ada juga cara sederhananya. Ketika berada di lembar kerja tadi, kamu bisa menekan ALT, O, dan T pada keyboard secara bergantian untuk memunculkan jendela Tabs.

  • Selanjutnya silahkan setting beberapa hal di jendela Tabs tersebut seperti:
    1. Tab Stop Position: 16 cm
    2. Alignment: Right
    3. Leader: Pilih nomor 2...
  • Jika sudah silahkan klik Set kemudian OK

  • Selanjutnya di lembar kerja tadi, silahkan arahkan kursor ke bagian yang akan diberi titik-titik kemudian tekan tombol TAB dari dari keyboard maka titik-titik akan terisi secara otomatis.

  • Lakukan hal tersebut disetiap bagian pada daftar isi hingga semua poin diberi titik titik. 
  • Terakhir silahkan beri nomor halaman pada bagian akhir titik-titik yang telah kamu buat tadi sesuai dengan halaman pada karya tulis ilmiah yang telah kamu buat.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Titik Daftar Isi Secara Otomatis di MS. Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu. Sekian dan terima kasih

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close