Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar File Word Tidak Berantakan Saat Dibuka di Komputer Lain

Microsoft Word merupakan salah satu software pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir semua orang yang memiliki komputer pasti memiliki aplikasi ini terutama bagi para mahasiswa untuk membuat tugas ataupun perkantoran dalam membuat dokumen surat menyurat.

Namun salah satu permasalahan yang kerap kali dialami oleh pengguna Microsoft Word adalah file atau dokumen yang tiba-tiba berantakan saat dipindahkan ke laptop atau komputer lain padahal di komputer kita sendiri file tersebut tersusun rapi.

Saya sewaktu kuliah beberapa kali mengalami kejadian ini ketika hendak ngeprint tugas kuliah di tempat teman ataupun di warung-warung tempat ngeprint tugas. Ketika saya memindahkan file Word tersebut ke komputer lain, eh malah berantakan tidak karuan. 

Ya tidak ada jalan lain selain merapikan kembali dokumen tersebut atau mencari tempat ngeprint yang baru. Bayangkan jika tidak ada lagi tempat ngeprint dan dokumen yang harus diprint berpuluh-puluh halaman? Wah bakalan kerepotan kita hanya untuk merapikan ulang dokumen Microsoft Word tersebut.

Namun kamu tidak perlu khawatir lagi, karena ternyata ada trik yang bisa kamu gunakan agar dokumen tersebut tetap tersusun rapi saat dipindahkan ke perangkat lain, silahkan disimak caranya dibawah ini.

Cara Save File MS. Word Agar Tidak Berantakan Saat Dibuka di Komputer Lain

Biasanya ketika kita menyimpan file Word kita menggunakan format *.docx. Agar file Microsoft Word kamu tidak berantakan saat dibuka adalah menyimpan file tersebut kedalam format file yang lain. Kali ini saya menggunakan MS. Word versi 2013. Namun cara ini juga berlaku untuk semua versi Microsoft Word seperti 2016, 2010, 2007 dan 2003. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama-tama silahkan buka dokumen yang hendak kamu pindahkan ke komputer lain di komputer kamu
  • Selanjutnya silahkan ke menu File lalu pilih Save As kemudian pilih Computer lalu pilih Browse
  • Jika jendela Save As sudah muncul, silahkan tentukan lokasi dimana file tersebut akan kamu simpan. Di File Name isi dengan nama file agar mudah kamu temukan. Lalu di bagian Save As Type agar filenya tidak berubah saat dibuka di komputer lain silahkan pilih Rich Text Format (*.rtf) atau bisa juga menggunakan Word 97-2003 Document (*.doc). Pilih salah satunya.
  • Jika sudah maka silahkan klik Save dan dokumen kamu akan tersimpan ke folder. 
Dokumen yang sudah tersave atau tersimpan tadi sudah bisa kamu pindahkan dan buka di komputer lain dan dijamin dokumen tersebut tidak akan berantakan dan akan seperti ketika kamu membuka dokumen tersebut di komputer kamu.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Agar File Word Tidak Berantakan Saat Dibuka di Komputer Lain. Tetap ikuti situs ini untuk mendapatkan tips dan trik seputar Microsoft Office terbaru dan terlengkap. Sekian dan terima kasih.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close