Cara Menghapus Background di Pixellab

Salah satu aplikasi editing foto terbaik yang ada di android sekarang ini adalah Pixellab. Dibandingkan dengan aplikasi lain, Pixellab memiliki beragam fitur menarik dan tak kalah dengan aplikasi yang ada di PC untuk beragam kebutuhan editing dan desain.

Salah satu kemampuan dari aplikasi ini adalah menghilangkan background di gambar dan foto.

Dengan menggunakan Pixellab, kamu bisa menghilangkan background atau gambar latar belakang dari satu objek dengan rapi dan sempurna. Jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi di PC seperti Photoshop untuk menghilangkan dan mengganti background gambar.

Di aplikasi ini, ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan background seperti fitur Erase Color, Eraser dan juga Mask. Disamping itu, ketika kamu membuat sebuah desain seperti desain logo di Pixellab, kamu bisa mengubah background di aplikasi ini menjadi transparan kemudian menyimpan gambar dengan background transparan tersebut kedalam file dengan format .png (transparant background).

Semua fitur yang berhubungan dengan menghilangkan background di Pixellab akan saya bahas pada artikel ini.

Memasukkan Gambar Kedalam Aplikasi Pixellab

Sebelum menghilangkan background di Pixellab, kamu harus memasukkan gambar atau foto yang akan dihapus backgroundnya kedalam aplikasi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama silahkan buka aplikasi Pixellab
  • Untuk menambahkan gambar kedalam aplikasi, pilih icon tambah (+) di pojok kanan atas lalu pilih from gallery
  • Kemudian pilih dan klik gambar atau foto yang akan dihapus backgroundnya

  • Selanjutnya sesuaikan tampilan gambarnya lalu klik tanda centang (✔) maka secara otomatis gambar tersebut akan tampil di halaman utama aplikasi

Menghapus Background di Pixellab Dengan Fitur Erase

Erase (penghapus) merupakan salah satu fitur yang ada di Pixellab yang bisa digunakan untuk menghapus background foto atau gambar. Namun kekurangan dari fitur ini adalah gambar yang kita hapus backgroundnya bisa saja menjadi tidak rapi jika kita tidak teliti dan hati-hati dalam menggunakannya. 

Karena fungsinya sebagai penghapus manual maka bisa saja masih ada background yang tertinggal pada lekukan-lekukan yang sempit dan rumit dan juga bisa saja ada bagian gambar yang ikut terhapus bersama dengan background. Fitur ini sangat cocok kita gunakan jika kita ingin menghapus background gambar/foto dengan skala yang luas.

Untuk menggunakan fitur ini, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, klik gambar yang akan dihapus backgroundnya
  • Lalu ke menu di bagian bawah dan pilih menu dengan bentuk segi lima. Scroll ke sebelah kanan sampai dapat fitur Eraser lalu klik fitur tersebut.

  • Selanjutnya silahkan sesuaikan ukuran kuas dan juga kualitas penghapusnya. Jika sudah silahkan hapus background dari gambar tersebut dengan memanfaatkan kuas tersebut. 

  • Lakukan hingga background benar-benar sudah terhapus semua 

Menghapus Background di Pixellab dengan Erase Color

Erase Color merupakan fitur yang digunakan untuk menghapus warna pada background gambar yang ada di Pixellab.  Fitur ini hanya bisa digunakan untuk menghapus warna tertentu di gambar misalnya pada gambar tersebut memiliki background warna merah maka kita bisa langsng menghilangkan seluruh warna merah tersebut secara otomatis. 

Jika pada objek utama gambar juga memiliki warna merah, maka warna merah pada objek tersebut juga akan hilang bersama dengan background karena memang fitur ini tujuannya untuk menghapus warna tertentu yang ada pada gambar.

Sedangkan untuk gambar dengan latar belakang panorama atau memiliki banyak objek, fitur ini tidak bisa digunakan karena bisa merusak objek utama pada gambar jika dipaksakan untuk dipakai.

Bagaimana cara menggunakan fitur ini untuk menghapus background? Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, masukkan gambar yang akan dihapus backgroundnya kedalam aplikasi
  • Kemudian silahkan klik gambar lalu ke menu bagian bawah yang berbentuk segi lima. scrooll ke kanan sampai dapat fitur Erase Color. Silahkan klik fitur tersebut.

  •  Lalu aktifkan bagian Enable lalu pilih fitur yang digunakan untuk memilih warna tertentu yang akan dihapus

  • Selanjutnya pilih warna yang akan dihilangkan pada gambar. Disini saya akan menghilangkan warna merah pada background. Jika sudah silahkan klik tanda centang (✔) untuk menghilangkan warna tersebut

  •  Maka secara otomatis warna yang dipilih tadi akan hilang. Gunakan tollerance untuk mengatur tampilan gambar dan smooth edges untuk mengatur tampilan garis tepi pada gambar. Untuk menyimpan pengaturan tersebut silahkan klik tanda centang (✔)

 Menghilangkan Background di Pixellab Dengan Mask

Fitur mask merupakan salah satu fitur paling keren menurut saya di Pixellab. Fitur ini juga sama persis dengan yang ada di photoshop dan gunanya untuk menyeleksi bagian mana saja pada gambar yang akan dihilangkan. 

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa menghilangkan background pada gambar bahkan sampai pada lekukan yang paling susah sekalipun dan hasilnya dijamin memuaskan. Kita bisa menghilangkan semua jenis background bahkan dengan objek background yang banyak seperti background panorama.

Namun sayangnya fitur ini sangat susah untuk digunakan dan butuh latihan untuk dapat menguasainya. 

Untuk bagian ini, saya sudah menyiapkan video bagaimana caranya menggunakan fitur mask atau masking di Pixellab untuk menghilangkan background. Videonya ada dibawah ini.

Cara Mengubah Background di Pixellab Menjadi Transparan

Ketika kamu membuat sebuah desain entah itu logo, watermark atau gambar diatas yang telah dihapus latar belakangnya di aplikasi Pixellab, maka background pada desain tersebut haruslah transparan. Bagaimana cara membuat background di aplikasi pixellab menjadi transparan? Berikut langkah-langkahnya.

Pertama silahkan ke menu berbentuk kotak pada bagian bawah aplikasi kemudian pilih fitur transparent. Jika sudah maka secara otomatis background yang ada di aplikasi Pixellab menjadi transparan.

Cara Menyimpan Gambar di Pixellab

Setelah mengedit gambar maka kamu bisa menyimpan hasil editan tersebut kedalam galeri HPmu. Untuk menyimpan file tersebut kamu bisa menggunakan format gambar .jpg (dengan latar) atau .png (transparan/tanpa latar)

Langkah-langkah menyimpan gambar di Pixellab sebagai berikut:

  • Pertama silahkan klik fitur Save di bagian atas lalu pilih save as image
 
  • Selanjutnya sesuaikan format gambar sebelum menyimpannya dan juga kualitas gambar. Jika sudah klik Save to Gallery dan gambarpun tersimpan kedalam perangkat kita.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Hapus Background di Pixellab, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih

Baca juga