Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Fungsi Area Kerja di Microsoft Word

Microsoft Wordatau yang biasa juga dikenal dengan istila MS Word merupakan aplikasi pengolah kata yang akan membantu kita membuat sebuah dokumen  seperti surat, artikel, laporan pekerjaan, skripsi, membuat tabel pada dokumen, membuat halaman web dan masih banyak lagi dokumen bisnis serta dokumen pribadi yang dapat dikerjakan.

Sebelum memulai menggunakan aplikasi MS Word, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tampilan area kerja aplikasi Microsoft Word beserta elemen – elemennya. Hal tersebut dimaksudkan agar kita dapat mengerti dan memahami setiap elemen dalam aplikasi Microsoft Word sehingga kita tidak kesulitan mengoperasikan aplikasi ini.

Secara garis besar, saya membagi elemen-elemen area kerja di Microsoft Word kedalam sebelas (11) bagian besar sebagai berikut:

Area Kerja Microsoft Word

  1. Office Button
  2. Quick Access
  3. Document Title
  4. Window Button
  5. Menu 
  6. Lembar
  7. Scroll Bar
  8. Status Bar
  9. Vertical Ruller
  10. Horizontal Ruller
  11. Toolbar

Nah dari kesepuluh elemen yang ada di area kerja tersebut, saya akan memaparkan masing-masing fungsinya. Silahkan disimak ulasannya dibawah ini.

Catatan: Saya menggunakan Microsoft Word 2007 untuk memaparkan area kerja. Namun sebagian besar dari bagian-bagian ini juga terdapat di versi yang lain seperti MS. Word 2003, 2010, 2013 dan 2016.

Cara Membuka Aplikasi Microsoft Word

Sebelum masuk kedalam pembahasan fungsi area kerja, pertama-tama buka dulu aplikasi Microsoft Word kamu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan klik Start (logo windows sebelah kiri bawah layar)
  • Kemudian pilih All Programs lalu pilih Microsoft Office (bentuknya seperti folder)
  • Terakhir silahkan klik Microsoft Word

 Jika sudah maka kamu akan melihat tampilan area kerja Microsoft Word.

Fungsi Area Kerja di Microsoft Word 

Seperti yang telah saya utarakan diatas, untuk lebih memudahkan kita mengetahui area kerja di Microsoft Word, maka saya membaginya kedalam 11 bagian. Fungsi dari masing-masing bagian area kerja tersebut adalah sebagai berikut:

Office Button

Office Button adalah sebuah tombol menu utama di Microsoft Word khususnya MS Word 2007 dan berbentuk seperti logo Microsoft Office. Di office Button, kamu dapat meilaht beberapa tools dan fungsi-fungsi dasar Microsoft Word seperti membuat dokumen baru, mencetak, menyimpan, mempublikasikan, dan lain sebagainya.

Quick Access Toolbar

Quick Acces Toolbar biasanya berisi tool yang sering kita gunakan ketika mengoperasikan Microsoft Word seperti Save, Undo dan Redo. Isi tool dalam Quick Access dapat dikustom (diatur sendiri) sesuai dengan selera kita.

Caranyapun cukup mudah, kamu hanya perlu menekan tombol panah kecil yang terdapat di sebelah kanan dari Quick Access Bar kemudian pilih tools yang akan kamu tampilkan di Quick Acces Toolbar ini. Kamu bisa menghapus, mengganti ataupun menambahkan tools tersebut sesuka hatimu.

Document Title 

Document Title berfungsi untuk menampilkan nama file atau dokumen yang sedang aktif. Document Title terletak pada bagian atas  program Microsoft Word Word. Ketika kamu sudah menyimpan file MS Word kedalam folder maka Document title tersebut akan tampil seperi nama file yang kamu simpan. Document Title bisa kamu ganti dengan cara mengklik kanan pada file dalam folder kemudian pilih Rename, lalu masukkan nama dokumen yang kamu inginkan.

Window Button

Pada bagian Windows Button, kamu akan melihat 3 tombol saja. Tombol minimize berfungsi untuk memperkecil aplikasi Microsoft Word ke taskbar komputer, tombol Restore Down digunakan untuk memperkecil aplikasi MS Word ke layar dan Maximize digunakan untuk memperbesar aplikasi hingga full layar, dan tombol Close berfungsi untuk menutup program Microsoft Word.

Menu 

Menu dalam Microsoft Word jika kita perhatian berupa tab-tab yang di dalam masing-masing tab tersebut terdapat tool-tool yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam pengoperasian program. Di Microsoft Word 2007, terdapat tujuh (7) menu yakni Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View.

  • Home risi tool-tool (alat) dasar yang paling sering digunakan dalam proses pengetikan dan editing teks dalam MS Word 
  • Insert berisi tool-tool yang digunakan untuk memasuk-kan objek pada lembar kerja MS Word
  • Page Layout berisi tool-tool yang digunakan untuk mengatur lembar kerja, warna halaman, inden teks, jarak spasi, warna tema, dan sebagainya
  • References berisi tool-tool yang berfungsi dalam penulisan kutipan (rujukan), daftar isi, daftar pustaka, dan indeks buku 
  • Mailings berisi tool-tool yang digunakan untuk surat-menyurat 
  • Review berisi tool-tool yang digunakan untuk review dokumen seperti cek ejaan, menyisipkan komentar, dan sebagainya
  • View berisi tool-tool berfungsi untuk mengubah tampilan lembar kerja, seperti tampilan cetak, tampilan baca, tampilan web, tampilan web, tampilan draf, dan sebagainya

Lembar Kerja

Ketika kita mengetik, maka hasil ketikan tersebut akan tampil di lembar kerja. Nah disinilah tempat kita membuat dan mengolah sebuah dokumen hingga jadi. Untuk mengolah dokumen tersebut, kita biasanya menggunakan tool yang ada di area kerja Microsoft Word.

Toolbar 

Toolbar adalah deretan tool (alat) yang mewakili perintah dari Menu dan berfungsi untuk mempermudah kita dalam pengoperasian program. Sebagai contoh ketika kita mengaktifkan menu Insert, maka akan tampil toolbar/ sekumpulan tools yang ada di menu insert tersebut. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Horizontal Ruller dan Vertical Ruler 

Sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai peng-garis untuk mengetahui ukuran lembar kerja, posisi indent, tab, dan lain sebagainya.

Scroller Bar 

Sesuai dengan namanya, Scoller Bar berfungsi untuk menggulung lembar kerja. Scroller Bar terbagi menjadi dua yakni Horizontal Scroller Bar digunakan untuk menggulung lembar kerja ke kanan ataupun ke kiri dan Vertical Scroller Bar digunakan untuk menggulung lembar kerja ke atas maupun ke bawah.

Status Bar 

Status Bar adalah tool yang menampilkan informasi sebuah dokumen yang sedang aktif. Status Bar terletak di bagian bawah dari jendela program MS Word. Dalam Status Bar terdapat beberapa tool yang secara default terdiri tampilannya seperti di bawah ini:

Kamu dapat meng-custom Status Bar (diatur sesuai selera) dengan cara klik kanan pada Status Bar, lalu aktifkan tanda centang pada pilihan menu yang tampil.

Cara Menutup Dokumen Microsoft Word

Nah jika kamu sudah mengetahui masing-masing kegunaan area kerja Microsoft Word, untuk menutup dokumen kamu tinggal menekan tombol Close (berbentuk silang) di bagian kanan atas pada aplikasi MS Word maka dokumen akan tertutup secara otomatis.

Penutup

Demikianlah artikel saya yang membahas tentang pengenalan fungsi area kerja di Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu seputar Microsoft Word. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard