Cara Membuat Kolom dan Garis Tanda Tangan di Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai seorang guru atau tenaga pendidik tentu sudah tidak asing lagi dengan list tanda tangan daftar hadir. Biasanya daftar hadir ini digunakan untuk melakukan absensi misalnya saja ada kegiatan di sekolah ataupun ketiga ujian semester.

Bukan hanya di sekolah saja, namun daftar hadirpun biasanya digunakan di perusahaan, kantor, kampus jika ada kegiatan yang berlangsung. Yah daftar hadirpun juga fungsinya sebagai pelaporan kalau kegiatan tersebut benar-benar berlangsung dan dihadiri sekian orang.

Biasanya yang membuat daftar hadir adalah staf administrasi namun tidak menutup kemungkinan suatu saat dalam kegiatan tertentu kamu juga disuruh untuk membuat daftar hadir.

Jika kita perhatikan secara sekilas, daftar hadir tersebut biasanya terdiri dari beberapa kolom yang berisi nomor, nama, dan tanda tangan. Pada bagian kolom tanda tangan biasanya berisi nomor dan juga titik-titik tempat orang nanti menuliskan tanda tangannya.

Nah bagaimana cara membuatnya khususnya di program aplikasi Microsoft Excel? Jika kita membuatnya secara manual tentu akan memakan waktu yang sangat lama apalagi jika kolom daftar hadir yang ingin dibuat sangat banyak bahkan sampai berlembar-lembar.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini saya akan membagikan sebuah trik Excel yang sangat berguna yakni cara membuat kolom dan garis tanda tangan di Excel secara otomatis dan juga cepat. Sebagai contoh saya akan membuat daftar hadir siswa yang akan mengikuti ujian sekolah. 

Cara Membuat Kolom dan Baris Tanda Tangan di Excel

Untuk membuat kolom dan baris tanda tangan di Microsoft Excel secara otomatis menggunakan rumus, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Excel
  • Kemudian buatlah terlebih dahulu sebuah tabel daftar hadir seperti gambar dibawah ini.

  • Kemudian letakkan kursor di kolom tanda tangan pertama (1). Misalnya disini kolom tanda tangannya berada di C3 dan D3. Oleh karena itu rumusnya =A3&".........." lalu tekan Enter
  • Untuk kolom tanda tangan D4 maka rumusnya =A4&".........." lalu tekan Enter
  • Untuk mengaplikasikan semuanya ke kolom tanda tangan, blok kolom C3 sampai D4 kemudian di sudut kolom D4 ada tanda tambah (+) ketika di klik. Drag/seret tanda tambah tersebut sampai ke kolom D7 maka rumus tadi akan terimplementasi semua ke kolom tanda tangan.

  • Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Kesimpulan dan Penutup

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat garis tanda tangan menggunakan Microsoft Excel? Dan pastinya juga akan sangat cepat dengan menggunakan rumus diatas. 

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, terima kasih.

Baca juga