Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Akun Telegram Dibajak (Hack)

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Akhir-akhir ini, banyak orang mengeluh akun Telegramnya di hack atau dibajak oleh orang yang tidak dikenal. Biasanya sasaran para hacker ini adalah orang-orang yang gaptek (gagap teknologi) sehingga jika akun mereka dihack, mereka akan sulit untuk memperbaikinya. Ada juga beberapa orang yang akhirnya menutup akun Telegramnya dikarenakan dipakai orang lain untuk berbuat kejahatan.

Baru-baru ini saya ditambahkan ke grup maupun channel Telegram yang isinya tentang bisnis investasi, bitcoin (cryptocurrency), saham dan lain-lain oleh kenalan saya. Setelah saya telusuri, ternyata Telegram mereka di hack. 

Cara orang tersebut meretas akun Telegram adalah dengan meminta kode verifikasi melalui telfon dengan iming-iming mendapatkan hadiah. Kode verifikasi Telegram biasanya dikirimkan melalui pesan teks. Jika kamu mengirimkan kode tersebut ke orang lain maka kode tersebut bisa digunakan orang lain untuk login ke akun kamu.

Akibatnya si pembajak tersebut bisa menggunakan Telegrammu untuk menghubungi orang lain atau menambahkan kontak yang ada di HP kamu ke channel maupun grup Telegram mereka seolah-olah kamu yang menambahkan temanmu sendiri. Dan jika teman kontakmu tertipu oleh bisnis tidak jelas seperti itu, maka otomatis kamu yang akan disalahkan karena kamulah yang mengundangnya masuk ke grup atau channel Telegram.

Jika kamu sudah terlanjur mengirimkan kode tersebut dan akunmu sudah dibajak, kamu tidak perlu khawatir. Pada pembahasan ini, Blogger Toraja akan memaparkan apa saja yang harus kamu lakukan jika akun Telegram diretas oleh orang lain. 

Ciri-ciri Akun Telegram di Hack (Dibajak)

Mengingat akun satu Telegram dengan nomor yang sama bisa digunakan untuk login di beberapa device maka kita biasanya tidak sadar kalau akun kita sudah dibajak. Semua data akan tersinkron secara instan ke semua perangkat tersebut. Berikut ini beberapa ciri akun Telegram kamu dihack orang lain:

  • Jika kita cek dibagian  perangkat pada aplikasi Telegram dan menemukan lebih dari 1 device yang aktif padahal kita tidak pernah login di HP yang lain, itu tandanya akunmu sedang dibajak dan digunakan orang lain.
  • Biasanya si pembajak akan menghapus kamu dari perangkat sehingga kamu tidak bisa lagi login ke akun Telegram kamu.
  • Teman-teman di kontakmu dimasukkan ke grup atau channel yang tidak dikenal menggunakan akun kamu padahal kamu tidak pernah melakukannya.
  • Orang-orang di kontakmu dihubungi oleh orang yang tidak dikenal dengan mengatas namakan kamu padahal kamu tidak pernah menyerahkan kontak mereka kepada orang lain.

Nah jika kamu mengalami hal-hal diatas pada akun Telegrammu maka besar kemungkinan akunmu telah dibajak orang lain.

Cara Mengatasi Akun Telegram di Bajak (Hack)

Jika memang akun Telegram kamu telah dibajak, maka beberapa hal ini bisa kamu lakukan:

1. Menghapus Semua Perangkat Aktif

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika akun Telegram kamu dibajak adalah menghapus semua perangkat yang aktif melalui aplikasi Telegram. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Klik icon garis tiga di pojok kiri atas lalu ke Pengaturan

  • Kemudian scroll kebawah sampai kamu menemukan Perangkat. Silahkan di klik

  • Di halaman Perangkat tersebut kamu akan melihat berapa device yang menggunakan akun kamu. Klik Hentikan Semua Sesi Lain untuk meng-logout akun kamu dari HP lain

Jika sudah, maka bisa dipastikan akun Telegrammu tidak bisa lagi dipakai oleh si pembajak karena kamu sudah mengeluarkannya dari HPnya.

2. Menghapus Akun Telegram

Jika dirasa akunmu telah digunakan untuk kejahatan yang sangat serius, maka alangkah lebih baik untuk menghapus akun Telegrammu. Cara menghapus akun Telegram secara permanen adalah sebagai berikut:

  • Klik icon titik tiga di pojok kiri atas aplikasi Telegram lalu pilih Pengaturan
  • Selanjutnya pilih Privasi dan Keamanan
  • Kemudian scrool kebawah sampai kamu menemukan Hapus akun saya. Klik Jika berjarak lalu pilih 1 bulan.

Jika kamu sudah memilih satu bulan maka selama sebulan penuh jangan lagi menggunakan akun ini dan secara otomatis akan dihapus termasuk semua riwayat grup, pesan maupun kontak yang ada di dalamnya. 

3. Menghubungi Semua Kontak di Telegram Bahwa Akunmu Telah Dibajak

Kamu juga perlu memberitahukan kepada semua kontak di HPmu bahwa akun Telegrammu telah dibajak oleh orang yang tidak dikenal agar jika mereka dihubungi oleh si pembajak atau memasukkan mereka ke grup atau channel yang tidak dikenal menggunakan akun kamu, mereka sudah tahu kalau itu bukan kamu yang melakukannya.

Cara Agar Akun Telegram Tidak Dibajak (di Hack)

Agar akun Telegrammu tidak mudah dibajak oleh orang lain, maka beberapa hal ini sangat wajib kamu lakukan dan ketahui:

1. Jangan Berikan Kode Verifikasi Login ke Orang Lain 

Jika tiba-tiba ada kode verifikasi login masuk di HP kamu lalu seseorang menelfonmu untuk meminta kode tersebut mengatas namakan pihak Telegram atau pencairan hadiah, maka jangan pernah diberikan karena bisa dipastikan orang tersebut ingin mengambil alih akun Telegrammu.

Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak Telegram bahwa mereka tidak akan pernah meminta kode verifikasi login kepada pengguna atau user dalam keadaan bagaimanapun.

2. Mengaktifkan Step Two verification (Verifikasi Dua Langkah)

Step Two Verification atau verifikasi dua langkah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keamanan dari para hacker di aplikasi Telegram. Jika kita tidak mengizinkan login maka orang lainpun tidak akan masuk dan menggunakan akun kita dengan sembarangan. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di Telegram, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram
  • Klik icon garis tiga di pojok kiri atas lalu pilih Pengaturan
  • Selanjutnya pilih Privasi dan Keamanan
  • Scrool kebawah sampai kamu menemukan Verifikasi Dua Langkah, silahkan di klik. Lalu klik Atur Kata Sandi
  • Masukkan kata sandi yang akan digunakan lalu klik Lanjut. Masukkan kembali kata sandi kamu lalu klik Lanjut. Jika Petunjuk Sandi muncul, kamu bisa klik Lewati
  • Kemudian untuk Surel Pemulihan, masukkan email aktif kamu karena itu akan digunakan ketika kamu lupa dengan kata sandi yang kamu masukkan. Jika sudah, klik Lanjut
  • Selanjutnya cek email kamu karena disitu ada kode verifikasi yang masuk. Silahkan masukkan kode verifikasi tersebut di Telegram lalu klik Lanjut
  • Jika sudah klik Kembali ke Pengaturan dan dengan demikian kamu telah mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

3. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan Dari HP 

Jika kamu merasa ada aplikasi yang tidak pernah kamu instal sudah terinstal di HP kamu atau aplikasi yang dirasa mencurigakan, ada baiknya hapus saja aplikasi tersebut. Siapa tahu aplikasi itu digunakan orang lain untuk meretas data-data dan aktifitas kamu termasuk di aplikasi Telegram.

4. Jangan Klik Link (URL) Sembarangan

Salah satu penyebab akun Telegram kita dibajak biasanya karena kita selalu mengklik link (url) website yang tidak dikenal. Usut punya usut ternyata link tersebut digunakan untuk pish*ng dan meretas akun milik orang lain.

Oleh karena itu hindari untuk mengklik link website yang tidak dikenal dan banyak dikirimkan oleh orang lain terutama di aplikasi chat seperti whatsapp, Telegram,dll.

Kesimpulan dan Penutup

Menjaga keamanan akun agar tidak dibajak merupakan sebuah keharusan karena jangan sampai orang lain menggunakan Telegram kita untuk kejahatan seperti penipuan. Namun jika kamu mengikuti petunjuk diatas maka bisa dipastikan akun Telegrammu akan terhindar dari hacker.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengatasi Akun Telegram Dibajak (di Hack), semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard