Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar Tabel Tidak Terpotong di Microsoft word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu yang sedang membuat tugas di aplikasi Microsoft Word entah itu makalah, skripsi, jurnal, tesis, disertasi dan lain sebagainya pasti ada kalanya kamu juga mencantumkan tabel kedalamnya. Tabel merupakan sebuah alat bantu visual yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah data atau informasi kepada orang lain secara singkat, padat dan juga jelas. 

Namun terkadang ketika kita membuat tabel di Microsoft Word, tabelnya menjadi terpotong ke halaman berikutnya sehingga tampilannya menjadi kurang rapi dan tidak menarik. Apabila kita mencoba menggabungkan kedua tabel tersebut dalam satu halaman, biasanya malah teksnya lagi yang terpotong atau salah satu ruas pada tabel malah terhapus.

Untuk itu, ada sebuah trik yang bisa kamu lakukan agar tabel yang dibuat di Word bisa rapi dan tidak berantakan apalagi saat di print/dicetak. Kamu bisa membuat header tabel tetap kelihatan di halaman selanjutnya. Apabila kamu mengganti header tabel di satu halaman maka header pada halaman lainnya juga akan berubah mengikuti header yang kamu ganti tadi.

Pensaran dengan triknya? Berikut ini cara mengatasi tabel yang terpotong dan cara mengatur tabel agar rapi di Microsoft Word.

Cara Agar Tabel Tidak Terpotong di Microsoft Word

Agar tabel yang kamu buat tidak terpotong di Microsoft Word, kamu bisa mengulangi header tabel yang kamu buat pada halaman selanjutnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word
  • Kemudian klik header tabel yang telah dibuat
  • Silahkan ke menu Tabel Tools lalu klik Layout → Repeat Header Row
  • Jika sudah maka header tabel yang sudah kamu buat akan muncul sama persis di halaman selanjutnya

Semisal kamu ingin mengganti judul pada header utama maka header pada halaman yang lain juga akan ikut terganti. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Agar Tabel Tidak Terpotong di Microsoft word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Semoga dapat membantu dan bermanfaat, selamat mencoba dan terima kasih.


Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard