Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Menu Slide Show Pada PowerPoint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

PowerPoint merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat dan mengelolah presentasi yang keren dan juga menarik di perangkat laptop atau komputer. Dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi PowerPoint sangatlah dibutuhkan misalnya untuk mempresentasikan hasil kerja, mempresentasikan karya ilmiah (makalah, skripsi, thesis, jurnal, dll), mempresentasikan tata ibadah di kebaktian gereja dan lain sebagainya.

Sebelum membuat presentasi di PowerPoint, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu masih-masing fungsi ribbon menu dan juga tools yang ada di PPT PowerPoint. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mudah mengoperasikan software PowerPoint dalam hal membuat slide presentasi.

Pada pembahasan-pembahasan saya sebelumnya, saya telah menjelaskan beberapa fungsi tab menu yang ada di Microsoft PowerPoint seperti fungsi menu Home, View dan lain-lain. Dan pada pembahasan ini, bloggertoraja.com akan membahas mengenai fungsi tab menu Slide Show pada aplikasi PowerPoint.

Fungsi Menu Slide Show Pada Aplikasi PPT PowerPoint

Secara umum, fungsi menu Slide Show pada aplikasi PPT PowerPoint adalah untuk menampilkan hasil slide presentasi yang sudah kita buat, mengatur tampilan file presentasi dan lain sebagainya.

Di Slideshow terdapat beberapa grup dan dalam grup tersebut terdapat beberapa tools yang bisa kita gunakan untuk mengatur slide show PPT PowerPoint yang kita buat. Berikut ini fungsi menu Slide Show pada aplikasi PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019.

1. Start Slide Show

  • From Beginning berfungsi untuk menampilkan presentasi dari slide pertama
  • From Current Slide berfungsi untuk melompat langsung ke presentasi pada slide
  • Present Online berfungsi untuk memilih layanan guna menyajikan tayangan slide secara online
  • Custom Slide Show berfungsi untuk hanya menampilkan slide yang kamu pilih. Ini merupakan cara yang bagus untuk mempersingkat presentasi kamu atau menyesuaikan hanya untuk audiens yang berbeda.

2. Set Up

  • Set Up Slide Show berfungsi untuk mengatur opsi lanjutan pada tayangan slide
  • Hide Slide berfungsi untuk menyembunyikan slide saat ini agar tidak muncul saat kamu sedang presentasi
  • Rehearse Timings berfungsi untuk latihan presentasi dengan tampilan slide layar penuh guna mengetahui waktu yang tepat untuk setiap slide
  • Record Slide Show berfungsi untuk merekam narasi audio, gerakan penunjuk laser, waktu slide dan animasi untuk pemutaran selama kamu mempresentasikan slide
  • Play Narrations berfungsi untuk memutar ulang narasi audio dan gerakan penunjuk laser selama kamu memperagakan slide presentasi
  • Use Timings berfungsi untuk memutar ulang animasi dan pengaturan waktu slide selama pertunjukan slide
  • Show Media Controls berfungsi untuk menampilkan kontrol untuk memutar klip audio dan video saat kamu mengarahkan kursor ke klip selama peragaan slide

3. Monitors

  • Monitor berfungsi untuk membiarkan PowerPoint secara otomatis memilih monitor mana yang akan menampilkan tayangan slide kamu, atau kamu bisa memilih sendiri salah satunya.
  • Use Presenter View berfungsi untuk menampilkan tampilan slide layar penuh di satu monitor dan "tampilan speaker" di monitor lain yang menampilkan pratinjau slide berikutnya, catatan pembicara, pengatur waktu, dan masih banyak lagi
Demikianlah pembahasan saya mengenai Fungsi Menu Slide Show Pada Apliasi Microsoft PowerPoint, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terima kasih.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close