Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Check Box / Kotak Centang di Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Check box atau kotak centang merupakan widget grafis yang memungkinkan pengguna membuat pilihan biner satu opsi, dua opsi atau lebih. Misalnya pengguna harus menjawab ya atau tidak pada pertanyaan sederhana.

Di Microsoft Excel juga tersedia fitur untuk membuat Check Box namun sayangnya fitur ini agak sedikit tersembunyi. Kamu harus memunculkan tab Developer terlebih dahulu agar bisa membuat kotak centang di spreadsheet.

Bagi orang yang belum terlalu mahir menggunakan Excel pasti akan kebingungan cara mengaktifkan tab Developer (Pengembang) tersebut.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat Check Box atau kotak centang di Microsoft Excel. 

Cara Membuat Check Box / Kotak Centang di Excel

Di artikel kali ini, saya akan menggunakan Microsoft Excel 2013 untuk membuat kotak centang. Namun cara ini tidak jauh berbeda jika kamu pengguna MS Excel 2007, 2010, 2016 maupun 2019.

Berikut ini cara membuat checklist box di Excel:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Excel di laptop atau komputer
  • Di spreadsheet yang terbuka, silahkan buat data yang akan diberi keterangan checklis box. Sebagai contoh saya akan membuat tugas kuliah beserta keterangannya sudah selesai atau belum.
  • Selanjutnya aktifkan tab Developer dengan cara klik Customize Quick Access Toolbar (icon segitiga kebawah) lalu pilih More Commands...
  • Di jendela Excel Options yang terbuka, klik Customize Ribbon lalu beri centang pada Developer. Jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Jika sudah maka tab menu Developer telah ditambahkan ke lembar kerja. Selanjutnya buat check box dengan cara klik menu Developer Insert → Check Box (Form Control)
  • Selanjutnya seret/drag pointer pada kolom yang akan ditempati membuat kotak centang.
  • Jangan lupa untuk mengubah teks keterangan pada check box yang dibuat, misalnya disini saya membuat keterangan "Selesai". Untuk membuat kotak centang di bagian yang lain, kamu tinggal klik kolom tempat kotak centang berada. Selanjutnya klik titik kecil di samping kolom dan seret sampai kolom terakhir.
  • Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Check Box / Kotak Centang di Excel, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard