Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menambahkan Watermark di Google Docs

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Watermark atau yang biasa juga dikenal dengan istilah tanda air, marka tirta, tera air merupakan gambar atau pola yang muncul di kertas dan tampak seperti bayangan serta hanya dapat dilihat dengan pencahayaan tertentu misalnya dengan bantuan pencahayaan lampu. Namun sekarang ini tampilan watermark sudah bervariasi dan bahkan tampilannya bisa langsung dilihat pada media secara langsung dan jelas.

Penggunaan watermark tergolong sangat penting sebagai penanda karya asli dari si pencipta karya. Watermark biasanya sering dilekatkan pada video/film, dokumen, foto/gambar dan lain-lain. 

Watermark juga bisa menjadi sarana promosi seperti halnya logo karena orang lain akan lebih mudah mengenali karya yang telah kamu buat khususnya bagi para penikmat karyamu dengan hanya melihat watermark yang telah kamu cantumkan.

Disamping itu jika ada orang yang mengclaim karya tersebut, kamu bisa langsung memberikan pembuktian bahwa itu adalah hasil karyamu melalui watermark yang sudah dicantumkan.

Karena pentingnya penggunaan watermark maka harus juga kamu cantumkan di dokumen yang dibuat misalnya kamu ingin membuat sebuah karya tulis ilmiah di Google Docs dan tulisan tersebut akan dipublikasikan di internet dalam bentuk PDF atau Word (docs). Agar orang lain tidak seenaknya saja mengambil karyamu, tidak ada salahnya menambahkan tanda air pada dokumen tersebut.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat watermark di Google Docs / Google Dokumen. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Menambahkan Watermark di Google Docs

Saat membuat watermark di Goole Dokumen, watermark tersebut nantinya akan ditempatkan di background tulisan dan tampilannya tampak seperti bayangan. Oleh karena itu harap memilih warna yang pas untuk WM agar tidak menyatu dengan tulisan karena takutnya tulisan dalam dokumen susah dibaca karena adanya watermark.

Berikut ini tutorial atau menambahkan watermark di Google Docs:

  • Pertama, buka layanan Google Docs melalui link berikut: https://docs.google.com/
  • Buat dokumen Kosong atau buka file dokumen berisi tulisan yang akan diberi watermark.
  • Di lembar kerja Google Dokumen yang terbuka, buat watermark dengan cara klik menu Sisipkan lalu pilih Watermark.
  • Maka jendela Watermark akan muncul di sebelah kanan layar. Klik Pilih Gambar
  • Lalu tentukan dimana gambar WM tersebut tersimpan, karena watermark saya masih tersimpan di perangkat maka klik UploadCari 
  • Buka folder tempat gambar WM tersimpan → pilih gambar → Open
  • Jika sudah maka kamu akan melihat preview tampilan watermark dalam dokumen Google Docs. Kamu masih bisa menyesuaikan tanda air tersebut di bagian Pemformatan seperti mengatur Skala atau Pudarkan. Jika sudah klik Selesai
  • Dengan demikian Watermark telah dibuat dan ditambahkan pada dokumen.

Bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menambahkan Watermark di Google Docs, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard