Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memotong Lagu di Kinemaster

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat mengedit video di Kinemaster, biasanya kita akan menambahkan lagu atau audio sebagai backsound agar video yang dibuat makin terlihat menarik. Lagu pada video juga bisa memainkan emosi penonton sehingga tak heran banyak orang ketika menonton video-video galau atau baper akan ikut larut bahkan meneteskan air mata.

Saat menambahkan lagu pada video, tidak semua bagian lagu akan kita tambahkan. Kita hanya menambahkan durasi-durasi tertentu pada lagu yang dianggap cocok dan relevan dengan video. Oleh karena itu kita perlu memotong lagu pada durasi-durasi tertentu lalu memindahkan potongan tersebut ke video.

Untungnya aplikasi Kinemaster memiliki fitur Trim / Split yang dapat digunakan untuk memotong lagu MP3 dengan mudah dan cepat. Dengan tools ini kamu bisa memangkas lagu ke kiri playhead, kanan playhead maupun langsung dibagian tengah playhead.

Buat kamu awam dan belum pahan aplikasi Kinemaster, berikut ini cara memotong lagu di Kinemaster HP Android dan iPhone. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Memotong Lagu di Kinemaster

Berikut ini tutorial atau cara memotong lagu di aplikasi Kinemaster:
  • Buka Kinamaster pro atau Kinemaster diamon di HP Android dan iPhone.
  • Di dalam aplikasi, klik Buat Baru
  • Selanjutnya pilih Rasio Aspek yang akan digunakan. Misalnya disini saya akan menggunakan 16:9 lalu klik Berikutnya
  • Kemudian masukkan gambar atau video yang akan dijadikan sebagai background
  • Jika background sudah ada, silahkan masukkan lagu yang akan dipotong dengan cara klik Audio
  • Lalu tap Lagu dan pilih lagu yang akan ditambahkan
  • Jika lagu sudah berada di halaman pengeditan, klik lagu tersebut lalu tentukan durasi yang akan dipotong. Jika sudah klik tools Pangkas/Bagi
  • Kemudian kamu akan melihat 3 tools pemangkasan yakni:
    • Pangkas ke kiri playhead digunakan untuk memangkas lagu di bagian sebelah kiri. Artinya durasi lagu di sebelah kiri akan dihapus.
    • Pangkas je kanan playhead digunakan untuk memangkas lagu di bagian sebelah kanan. Artinya durasi lagu sebelah kanan akan dihapus.
    • Bagi di playhead digunakan untuk memotong lagu tepat ditengah-tengah durasi yang dipilih. Disini tidak ada bagian lagu yang dihapus baik di sebelah kiri maupun kanan.
    • Silahkan pilih salah satu tools pemangkasan yang akan kamu gunakan, misalnya saya akan menggunakan tools Bagi di playhead.
  • Nah dengan demikian kamu telah berhasil memotong lagu di aplikasi Kinemaster.
  • Selesai.
Lagu yang sudah kamu pangkas tadi kemudian bisa kamu sesuaikan pada video agar lebih pas. Kamu juga bisa langsung menyimpan lagu yang sudah dipotong tadi untuk berbagai macam keperluan misalnya untuk dijadikan nada dering atau ringtone pada HP.

Kesimpulan dan Penutup

Saat memotong lagu di aplikasi Kinemaster, kita harus menambahkan video atau gambar terlebih dahulu sebagai background jadi tidak bisa semata-mata kita langsung memotong lagu seperti di aplikasi  MP3 Cutter yang dikhususkan memang untuk memotong audio. Jadi lagu yang dipotong dan diekspor melalui Kinemaster, filenya dalam bentuk video MP4 bukan audio MP3.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memotong Lagu di Kinemaster, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.


Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close