Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Latar Belakang Makalah Otomatis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat karya ilmiah seperti makalah, skripsi, jurnal, laporan kerja praktek dan lain-lain, salah satu bagian yang wajib kita cantumkan adalah Latar Belakang Masalah. Latar belakang merupakan sebuah informasi tentang suatu masalah yang layak untuk diteliti. 

Informasi tersebut harus tersusun secara sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang menarik untuk diteliti. Masalah terjadi saat harapan ideal akan sesuatu hal tidak sama dengan realita yang terjadi.

Saat membuat latar belakang biasanya kita mengerjakannya secara manual dengan melihat fenomena yang ada lalu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Namun bagi beberapa orang terutama mahasiswa baru, membuat latar belakang karya ilmiah tergolong sulit apalagi jika sebelumnya belum pernah sama sekali membuat karya tulis ilmiah.

Untungnya sekarang ini sudah ada tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat latar belakang makalah, skripsi, jurnal, paper dan karya tulis ilmiah secara otomatis dan online. Cara kerja tools ini, kamu tinggal memasukkan judul tulisan karya ilmiah yang akan dibuat dan secara otomatis tools akan memberikan rekomendasi latar belakang yang bisa langsung kamu copy paste dan gunakan.

Penasaran dengan trik ini? Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Latar Belakang Makalah Otomatis Online

Untuk membuat latar belakang masalah untuk makalah secara otomatis dan online, kita memerlukan sebuah situs web bernama Connected Papers: Explore Connected Papers in a Visual Graph. Fungsi utama dari situs ini sebenarnya adalah untuk membuat grafik untuk makalah sehingga tulisan ilmiah yang sedang dikerjakan memiliki efek tampilan visual.

Selain membuat grafik, kamu juga bisa mendapatkan rangkuman dari sebuah tulisan yang sudah dipublish di jurnal online untuk dijadikan referensi pada tulisan makalah yang dibuat. Nah bagaimana cara menggunakan connectedpapers.com untuk membuat latar belakang makalah otomatis? Berikut tutorialnya:

  • Buka browser seperti google chrome, mozilla firefox, operamini di laptop atau HP
  • Kemudian buka situs website Connected Paper melalui link berikut: https://www.connectedpapers.com/
  • Jika sudah berada dalam situsnya, masukkan topik yang akan kamu buat makalah lalu klik Build a graph
  • Tunggu beberapa saat sampai situs Connected Paper menampilkan result pencarian seputar topik yang kamu masukkan. Jika sudah muncul, klik salah satunya.
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke sebuah halaman berisi grafik dari tulisan tersebut. Silahkan perhatikan kolom sebelah kanan disana terdapat ringkasan yang bisa kamu gunakan sebagai rujukan untuk membuat latar belakang makalah. Silahkan salin semua tulisa tersebut
  • Lalu buka program aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word tempat kamu membuat makalah lalu pastekan teks yang sudah disalin tadi.
  • Selesai.

Apakah Connected Papers Bisa Digunakan Membuat Latar Belakang Skripsi dan Jurnal?

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah aman menggunakan Connected Papers untuk membuat latar belakang masalah Skripsi dan Jurnal ilmiah? Kalau hanya digunakan sebagai referensi sih tidak masalah yang peting kamu mencantumkan sumber karena sebagian besar tulisan dalam Connected Papers berasal dari jurnal ilmiah yang sudah dipublish dalam laman situs jurnal online.

Selain itu kamu juga perlu melakukan parafrase agar tulisan yang telah kamu copy paste tidak terdeteksi di Turnitin. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Latar Belakang Makalah Otomatis, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.


Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close