Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Error 0xc0000005 di Windows 7, 8, 8.1, 10

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah menginstal sebuah aplikasi di laptop atau PC tapi saat menginstal malah muncul pemberitahuan "The installer encountered error 0xc0000005" yang mengakibatkan aplikasi tersebut tidak bisa dipasang dan digunakan.

Bukan hanya pada saat menginstal aplikasi, terkadang juga saat aplikasinya sudah berhasil diinstal dan hendak dijalankan muncul juga pemberitahuan "This application was unable to start correctly (0xc0000005). Click OK to close the application". Tentu kita akan kebingungan apalagi jika aplikasi yang terkena error seperti ini sering kita gunakan.

Pengalaman saya, rata-rata aplikasi yang terkena error 0xc0000005 adalah aplikasi browser seperti Google Chrome, Operamini, Mozilla Firefox, dll. Disamping itu, program aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) saya juga kena imbas dari error 0xc0000005 tsb.

Biasanya error seperti ini disebabkan karena masalah file sistem windows yang rusak, program aplikasi yang diinstal tidak selesai dengan baik, kapasitas RAM penuh, perangkat terkontaminasi virus / malware, file corrupt, memory yang rusak dan lain-lain. Error 0xc000005 menyerang hampir semua pengguna windows seperti windows 7, windows 8, windows 8.1, windows 10 sampai windows 11.

Untungnya setelah melakukan otak-atik pada laptop saya, saya berhasil memperbaiki error 0xc0000005 di laptop saya. Untuk itu melalui situs Blogger Toraja saya juga ingin membagikan bagaimana Cara Mengatasi Error 0xc0000005 di Windows 7, 8, 8.1, 10, dijamin 100% berhasil. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengatasi Error 0xc0000005 di Windows 7, 8, 8.1, 10

Untuk mengatasi dan memperbaiki Error dengan kode 0xc0000005 di Windows 7, 8, 8.1, 10 ada dua cara yang bisa kamu coba. Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Memperbaiki Eror 0xc0000005 dengan SFC Scan

  • Klik start lalu di kolom pencarian ketik CMD. Jika Command Prompt sudah muncul, silahkan klik kanan lalu pilih Run as administrator
  • Jika muncul jendela pemberitahuan User Account Control, klik Yes
  • Kemudian jendela Command Prompt akan terbuka. Langsung saja ketik perintah sfc /scannow lalu tekan Enter
  • Proses ini biasanya memakan waktu beberapa menit jadi silahkan tunggu sampai prosesnya 100% selesai. 
  • Selesai

Jadi jika terdapat file yang korup, cara ini akan merecovery serta memperbaiki file yang korup tersebut. Saat di Operating System windows ada file yang korup maka saat aplikasi tersebut dioperasikan pasti akan mengalami kendala dan OS akan memberikan notifikasi eror kode yang ada didalamnya.

Jika memang benar terdapat file yang korup maka akan ada pemberitahuan muncul di CMD dan proses SFC scan yang dilakukan akan memperbaiki serta merecovery file yang rusak tersebut.

2. Mengatasi Error 0xc0000005 Melalui Recovery

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Error 0xc0000005 adalah melalui menu recovery. Tutorialnya sebagai berikut:
  • Klik menu Start lalu pilih Control Panel
  • Jika menu Control Panel sudah terbuka, klik di bagian View by → Large Icons
  • Kemudian cari dan klik Recovery
  • Selanjutnya klik Open System Restore
  • Jika jendela pemberitahuan System Restore muncul, klik Next
  • Klik Automatical Restore Point lalu klik Next
  • Kemudian klik Local Disk (C:) (System) lalu kli Finish
  • Jika muncul notifikasi Once started, System Restore cannot be dnterrupted. Do you want to continue? Silahkan klik Yes.
  • Tunggu beberapa saat maka laptop / PC kamu akan terestart sendiri dan dalam proses tersebut windows system akan terestore.
  • Jika prosesnya sudah selesai maka akan muncul notifikasi System Restore di jendela windows berisi pesan bahwa system restore telah berhasil melakukan pemulihan system. Klik Close untuk mengakhiri.
  • Selesai.
Maksud dari cara ini adalah windows akan merestore dan merecovery file-file system yang eror yang berada di drive C. Karena system restore ini berada di drive C, jika kita menyimpan data-data di drive D maka data-data pribadi kita akan aman dan tidak akan hilang.

Nah demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengatasi Error 0xc0000005 di Windows 7, 8, 8.1, 10. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close