Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Daftar isi atau biasa dikenal juga dengan istilah table of content (TOC) adalah sekumpulan daftar bab dalam sebuah karya tulis yang berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari letak halaman sesuai dengan konten. Daftar isi biasanya ditemukan pada halaman sebelum dimulainya karya tulis, judul bab, bagian atau deskripsi singkat dengan nomor halaman awal.

Untuk membuat daftar isi suatu karya tulis, kamu bisa menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Google Docs. Google Docs merupakan alternatif jika kamu tidak mempunyai aplikasi Microsoft Word di laptop atau PC. Disamping itu, Google Docs juga bisa dibuka di segala perangkat seperti HP Android, iPhone, laptop dan PC.

Di Google Docs, kamu bisa membuat daftar isi otomatis dengan mudah. Daftar isi otomatis dapat mempermudah pembaca dalam mencari isi sebuah tulisan dalam dokumen karena hanya dengan mengklik judul atau sub judul yang sudah dibuat dalam daftar isi, pembaca akan langsung melompat ke halaman atau bagian yang diinginkan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Google Docs HP atau Laptop. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs

Membuat daftar isi otomatis di Google Docs sebenarnya hampir sama ketika membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word. Hanya dengan memanfaatkan fitur Heading 1 (Judul), Heading 2 (Sub Judul), Heading 3, dan seterusnya, kamu bisa membuat daftar isi otomatis untuk karya ilmiah seperti skripsi, makalah, tesis, jurnal, paper dan lain-lain.

Berikut ini tutorial membuat daftar isi otomatis menggunakan Google Docs.

  • Buka Google Docs di laptop atau HP melalui link berikut: https://docs.google.com/
  • Jika sudah berada dalam halaman utama Google Docs, silahkan buka dokumen berisi tulisan yang akan dibuatkan daftar isi otomatis.
  • Kemudian tentukan judul yang akan kamu jadikan sebagai Heading 1. Sebagai contoh saya ingin menggunakan BAB 1. Silahkan blok teks tersebut lalu klil Teks Normal

  • Selanjutnya ubah menjadi Judul 1 (Heading 1)

  • Blok juga teks Pendahuluan lalu beri Judul 2 (Heading 2). 

  • Lakukan untuk semua bagian judul dan sub judul dalam dokumen seperti diatas. Jika masih ada sub bab lainnya, gunakan Judul 3 (Heading 3) dan seterusnya jika masih ada.

  • Jika semua sudah diatur, silahkan ke halaman kosong pada Google Docs lalu klik menu Sisipkan → Daftar Isi → pilih model yang pertama

  • Nah dengan demikian daftar isi otomatis telah dibuat di Google Docs. Jika kamu menambahkan Heading lain pada dokumen, klik icon Refresh untuk memperbaharui.

  • Berikut ini contoh daftar isi otomatis yang sudah saya buat di Google Docs

  • Selesai.

Cara Membuat Titik Titik Daftar Isi di Google Docs

Walaupun Google Docs bisa digunakan untuk membuat daftar isi otomatis, namun sayangnya daftar isi yang sudah dibuat tidak memiliki titik titik sedangkan salah satu syarat dalam daftar isi adalah adanya titik titik yang memisahkan antara teks dengan nomor halaman.

Fitur untuk membuat titik titik daftar isi di Google Docs pun saat ini belum tersedia. Ini merupakan salah satu kelemahan Google Docs dalam membuat daftar isi suatu karya tulis. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa membuat titik titik daftar isi di Google Docs secara manual.

Caranya cukup mudah. Kamu tinggal menempatkan kursor sesudah teks lalu membuat titik titik menggunakan keyboard. Kamu bisa menggunakan penggaris (ruller) pada Google Docs sebagai patokannya agar titik titik daftar isi yang dibuat bisa sejajar dan rapi.

Bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close