Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Subtitle Video Otomatis di Capcut HP Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Capcut merupakan aplikasi edit video yang cukup populer saat ini. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang sangat berguna dan membantu dalam proses pengeditan video, salah satunya fitur untuk menambahkan subtitle otomatis.

Buat kamu yang belum tahu apa itu subtitle, jadi subtitle adalah penyampaian dialog dalam bentuk teks pada film, video atau acara televisi yang biasanya ditampilkan di bagian bawah layar. Subtitle dapat membantu penonton memahami secara jelas isi percakapan pada sebuah video.

Disamping itu, jika film atau video dialognya dalam bentuk bahasa Inggris atau bahasa asing, biasanya akan ditampilkan subtitle dalam bahasa Indonesia atau bahasa yang dipahami agar penonton dapat memahami alur cerita yang ingin disampaikan.

Nah di artikel kali ini, Blogger Toraja akan membahas bagaimana cara membuat subtitle (keterangan) otomatis di aplikasi Capcut HP Android dan iPhone. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Subtitle Video Otomatis di Capcut HP Android

Sebelum membuat subtitle otomatis untuk video di aplikasi Capcut, pastikan video yang akan kamu tambahkan keterangan otomatisnya tidak terdapat background musik atau lagu. Karena jika video tersebut ada background lagunya, nanti Capcut tidak dapat membaca audio rekaman suara pada video kamu. Jikalaupun terbaca, nanti subtitle otomatisnya akan berantakan karena Capcut membaca dua dialog yakni suara pada video original dan suara pada background lagu.

Oleh karena itu sebisa mungkin jangan sampai video tersebut ada background musiknya. Jikalaupun kamu ingin menambahkan background music nanti setelah kamu selesai membuat subtitle otomatis pada video.

Nah berikut ini cara membuat subtitle otomatis di aplikasi Capcut dengan mudah:

  • Buka aplikasi Capcut di HP Android atau iOS (iPhone)
  • Di dalam aplikasi Capcut, klik New Project → pilih video yang akan ditambahkan subtitle otomatis → Add

  • Jika video sudah berada dalam halaman pengeditan, klik Teks lalu pilih Auto captions

  • Di jendela Create auto captions, pilih Original sound. Jangan lupa juga untuk mengatur bahasa dengan cara klik Select language lalu pilih Indonesian

  • Kembali ke halaman Create auto captions lalu klik Continue dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi Capcut selesai membuat subtitle otomatis pada video.

  • Jika sudah, subtitle otomatis berhasil ditambahkan tepat dibawah video kamu. 

  • Kamu bisa mengatur teks subtitle yang sudah dibuat seperti mengatur jenis font, warna font, efek huruf dan lain sebagainya.

  • Jika semua sudah diatur, kamu bisa menyimpan editan ke galeri HP.
  • Selesai.

Kenapa Tidak Bisa Membuat Keterangan Otomatis di Capcut?

Saat membuat subtitle otomatis di Capcut mungkin kamu mengalami kendala mengenai kenapa tidak bisa membuat keterangan otomatis di Capcut? Bisa saja salah satu penyebabnya karena kamu belum mengupdate aplikasi Capcut ke versi terbaru.

Oleh karena itu segeralah perbaharui aplikasi Capcut di HPmu melalui tempat download aplikasi resmi seperti Play Store untuk pengguna HP android dan App Store untuk pengguna iPhone.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Subtitle Video Otomatis di Capcut HP Android, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close