Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Struktur Organisasi di Canva

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah terlibat dalam suatu organisasi misalnya organisasi kampus, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan dan lain-lain. 

Biasanya dalam suatu organisasi terdapat kepengurusan dimana para pengurus tersebut yang mengkoordinir berjalannya sebuah organisasi seperti mengeksekusi program yang sudah dirancang bersama, menyelesaikan masalah-masalah dalam organisasi, mengatur para anggota dan lain sebagainya.

Dalam sebuah organisasi kita juga memerlukan struktur organisasi. Struktur organisasi merupakan suatu garis hirarki yang mendeskripsikan berbagai komponen yang menyusun organisasi, dimana setiap individu atau sumber daya manusia pada lingkup organisasi tersebut kemudian posisi dan fungsinya masing-masing.

Dengan struktur organisasi juga kita bisa mengetahui bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan secara formal.

Karena pentingnya struktur dalam sebuah organisasi, maka pada pembahasan ini Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat struktur organisasi kelas, sekolah, BEM, OSIS, kampus, gereja, karang taruna, dll yang menarik di Canva. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Struktur Organisasi di Canva

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Canva merupakan sebuah platform aplikasi desain grafis yang menyediakan berbagai macam fitur, salah satunya fitur template. Di Canva, kamu bisa menemukan berbagai macam template struktur organisasi menarik, aesthetic dan keren serta bisa digunakan secara gratis.

Berikut ini cara membuat struktur organisasi di Canva dengan mudah:

  • Buka platform aplikasi Canva di HP Android, iPhone, laptop atau PC
  • Jika Canva sudah terbuka, klik Create a design lalu pilih ukuran desain yang akan kamu buat.
  • Selanjutnya kamu akan dialihkan ke halaman desain Canva yang masih kosong.
  • Untuk membuat struktur organisasi secara otomatis menggunakan template Canva, semisal disini saya akan membuat struktur organisasi kelas, silahkan klik menu Template lalu di kolom pencarian ketik dan cari kata kunci "Struktur Organisasi Kelas". Jika templatenya sudah muncul silahkan di klik.

  • Tunggu beberapa saat maka template struktur organisasi kelas akan langsung dimunculkan di halaman desain Canva.

  • Langkah selanjutnya, kamu bisa mengedit template tersebut misalnya mengganti teks yang ada, menambahkan gambar, menambahkan logo, atau menambahkan kolom jika dirasa masih kurang menggunakan tools yang ada.

  • Jika semuanya sudah diatur, kamu bisa menyimpan desain yang sudah dibuat dengan cara klik Share lalu pilih Download

  • Kemudian atur jenis file yang akan dibuat pada bagian Type File, semisal saya disini akan mengekspor struktur organisasi yang dibuat menjadi gambar JPG. Jangan lupa juga untuk mengatur Size dan Quality. Jika sudah klik Download a free watermarked draft jika kamu masih menggunakan Canva gratisan

  • Maka secara otomatis desain yang sudah dibuat akan tersimpan ke perangkat
  • Selesai.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Struktur Organisasi di Canva, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close