Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tanda Centang (✓) di Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Tanda centang (✓) atau yang biasa juga kita kenal dengan ceklist adalah sebuah simbol yang biasa digunakan untuk menandai sebuah item bahwa item tersebut sudah benar, sudah tepat, disetujui atau sudah dilakukan.

Membuat tanda centang di Microsoft Excel sebenarnya mudah dilakukan, namun sayangnya masih banyak pengguna yang kebingungan memunculkan tanda ini pada kolom simbol. 

Yah kalau dipikir wajar sih mengingat banyaknya karakter pada fitur Symbol dan kalau ingin dicari satu per satu pasti akan memakan waktu yang cukup lama.

Selain menggunakan fitur Symbol, ada juga cara lain untuk membuat tanda centang di Excel yakni menggunakan shortcut atau kombinasi keyboard. 

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan 2 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat tanda centang atau ceklist di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih terbaru. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Tanda Centang di Excel

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat simbol centang di Excel yakni menggunakan fitur Symbol dan kombinasi tombol keyboard. Berikut penjelasannya.

1. Menggunakan Fitur Symbol

  • Buka aplikasi MS Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019
  • Jika lembaran kerja Excel sudah terbuka, klik menu Insert lalu pilih Symbol

  • Tunggu beberapa saat sampai kotak dialog Symbol terbuka. Selanjutnya di kolom Fonts ubah menjadi Wingdings lalu cari simbol centang (biasanya berada di bagian paling bawah). Jika sudah dapat silahkan di pilih lalu klik Insert

  • Nah dengan demikian kamu sudah berhasil membuat simbol centang di Excel

  • Selesai.

2. Menggunakan Shortcut

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk membuat simbol centang di Microsoft Excel adalah dengan menggunakan shortcut atau kombinasi tombol keyboard. Namun sebelum itu kamu harus mengubah font Excel terlebih dahulu menggunakan font Wingdings 2.

Jika sudah mengubah font menjadi Wingdings 2 maka selanjutnya kamu sudah bisa membuat tanda Centang di lembaran kerja Excel. Untuk shortcutnya bisa kamu lihat dibawah ini.

Tombol Keyboard Simbol
Shift + P Simbol Centang (✓)
Shift + R Simbol Centang dalam box (☑) 

Jadi caranya kamu tinggal meletakkan kursor didalam cell Excel lalu menekan kedua tombol diatas secara bersamaan, secara otomatis simbol centang akan langsung muncul di spreadsheet Excel kamu.

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Tanda Centang (✓) di Excel, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close