Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Spasi di Google Docs

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat sebuah dokumen seperti makalah, skripsi, jurnal, paper, tesis, dan karya tulis ilmiah lainnya, salah satu hal yang wajib kita atur adalah jarak spasi antar paragraf. Untuk karya ilmiah, biasanya menggunakan spasi 1,5 atau 2,0.

Spasi atau Line Spacing adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mengatur jarak spasi antar tulisan dalam dokumen. Jarak spasi yang dimaksud disini bukanlah jarak spasi antar karakter melainkan jarak spasi antar baris dalam paragraf suatu tulisan.

Biasanya untuk mengatur jarak spasi antar baris dan paragraf, kita bisa menggunakan layanan aplikasi pengolah kata seperti Google Docs. Salah satu kelebihan Google Docs adalah layanan ini bisa kamu akses disegala perangkat secara online seperti HP Android, iPhone, laptop, komputer maupun PC.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengatur Spasi di Google Docs. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Cara Mengatur Spasi di Google Docs

Berikut ini cara mengatur spasi 1; 1,5; 2,0; 2,5; 3,0 dan seterusnya di Google Docs dengan mudah:

  • Buka browser di HP Android, iPhone, laptop, komputer atau PC
  • Masuk ke layanan Google Docs / Google Dokumen melalui link berikut: https://docs.google.com/
  • Jika sudah berada dalam Google Docs, silahkan buat dokumen Kosong baru atau jika kamu sudah punya dokumen yang akan diatur jarak spasinya, silahkan buka dokumen tersebut.
  • Maka kamu akan dialihkan ke lembar kerja Google Docs.
  • Untuk mengatur jarak spasi antar baris dalam paragraf, silahkan blok semua teks / tulisan yang akan diatur spasinya lalu klik fitur Jarak antar spasi dan paragraf lalu klik Spasi kustom

  • Kemudian kotak dialog Jarak Khusus akan muncul. Di kolom Jarak antar-baris, silahkan masukkan jarak spasi yang akan kamu terapkan pada teks / tulisan yang ada dalam dokumen. Misalnya disini saya ingin mengatur spasi 2,0 lalu klik Terapkan untuk menyimpan pengaturan.

  • Maka secara otomatis spasi Ganda atau 2,0 akan diterapkan pada dokumen kamu.

  • Untuk mengatur ukuran spasi yang lain, kamu tinggal mengikuti tutorial diatas kembali.
  • Selesai

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengatur Spasi di Google Docs, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close