Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Arti Sofia Menurut Alkitab?

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah mendengar kata sofia bukan? Misalnya nama sofia atau nama sophia. Yap kata ini biasanya digunakan sebagai nama pada anak. Namun apakah kamu sudah mengetahui arti kata sofia atau sophia?

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan apa arti nama sofia menurut Alkitab. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Arti Kata Sofia Menurut Alkitab

Sofia adalah istilah dalam bahasa Yunani dan dalam bahasa Ibrani; hokmah yang jika diterjemahkan secara harfiah dapat berarti kebijaksanaan.

Sofia adalah pengetahuan praktis dan penilaian jernih yang secara populer di Perjanjian Lama tampak dalam tindakan Salomo (1Raj. 3:1-28; 4:9-14). Sebagai yang diwahyukan melalui penciptaan dan sejarah umat manusia. 

Sofia dipersonifikasikan sebagai utusan Allah dalam penciptaan, dan nabiah yang mengundang orang-orang yang belum bijaksana untuk datang ke perjamuan (Ams. 9:1-6).

Kebijaksanaan adalah penuntun hidup yang pasti dan menguntungkan. Perjanjian Baru melihat gambaran Kristus didalam kebijaksanaan (Mat. 12:42; 1Kor. 1:24; Kol. 2:3), dan kebijaksanaan itu antara lain menyatakan diri dalam kebodohan salib (1Kor. 1:17-25).

Gedung gereja yang paling termasyur dalam Kekristenan Timur dinamakan Hagia Sophia (Latin) yang berarti Kebijaksanaan Kudus, yang dipersembahkan kepada Kristus sebagai personifikasi kebijaksanaan.

Gedung gereja ini didirikan di Konstantinopel (sekarang Istambul) dan ditahbiskan pada tahun 538 dan menjadi model untuk gedung-gedung gereja Bizantium yang lain. 

Sesudah Konstantinopel jatuh ke dinasti Ottoman yang Islam di Turki tahun 1453, gereja ini menjadi masjid dan selanjutnya menjadi museum (oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada tahun 2020 dikembalikan menjadi masjid, yang mengundang banyak protes).

Beberapa ahli teologi Rusia antara lain Vladimir Solovi'ef (1853-1900), Sergius Bulgakov (1870-1944) dan Pavel Florenskij (1882-1943), mengembangkan teologi sofiologi yang berarti studi tentang kebijaksanaan atau teologi yang kata kuncinya adalah kebijaksanaan.

Sumber: Kamus Gereja & Teologi Kristen. (2022). BPK Gunung Mulia, Jakarta

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close