Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merapikan Tulisan di Excel yang Berantakan

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pernahkah kamu menerima sebuah dokumen Excel berisi daftar nama yang sangat banyak namun dalam file tersebut penulisan nama dalam tabel menjadi sangat berantakan dan tidak karuan.

Jika kita ingin merapikannya satu per satu pasti akan memakan waktu yang sangat lama. Apalagi jika daftar nama tersebut ratusan bahkan ribuan.

Jika memang demikian, kamu tidak perlu panik karena ada sebuah trik Excel dimana kamu bisa merapikan teks atau tulisan yang berantakan secara otomatis.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara merapikan tulisan di Excel yang berantakan. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Merapikan Tulisan di Excel yang Berantakan

Semisal disini saya mempunyai sebuah data dimana dalam data tersebut berisi daftar nama yang berantakan. Seperti yang terlihat dalam daftar nama tersebut ada kata yang ditulis dengan huruf besar dan kecil dan perlu kita perbaiki. 

Disini kita akan menggunakan rumus PROPER. Adapun fungsi rumus PROPER di Excel adalah menjadikan huruf pertama dari setiap kata dalam string teks menjadi kapital dan membuat semua karakter lainnya menjadi huruf kecil.

Adapun aturan dalam menggunakan rumus PROPER adalah =PROPER(text)

Berikut tutorialnya:

  • Buka program aplikasi Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019
  • Selanjutnya buka file berisi data yang berantakan dan perlu kita rapikan.

  • Pada kolom kosong yang tersedia, ketik =PROPER(pilih kolom berisi tulisan yang berantakan dan akan dirapikan), semisal disini kata yang berantakan berada di sel A3. Jadi =PROPER(A3) lalu tekan Enter.

  • Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar berikut

  • Kamu bisa langsung mengaplikasikan rumus yang telah dibuat ke seluruh sel dengan cara klik dua kali pada kotak kecil di sel perbaikan nama tadi.

  • Maka rumus akan terapkan ke semua sel

  • Dengan demikian kamu telah merapikan tulisan yang berantakan di Excel.
  • Selesai.

Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Merapikan Tulisan di Excel yang Berantakan, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close