Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata, Pengertian dan Contoh Tipologi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pada pembahasan kali ini, Bloggertoraja.com akan memaparkan mengenai arti kata tipologi dan pengertian tipologi. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Arti Kata Tipologi

Tipologi dibentuk dari dua suku kata Yunani yakni typos dan logos. Typos dapat berarti kemiripan, keserupaan, kesamaan dan logos berarti kata atau ilmu.

Tipologi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Tipologi adalah:

  1. Ilmu watak tentang bagian manusia dalam golongan-golongan menurut corak watak masing-masing
  2. Klasifikasi kamus dan buku acuan lain
  3. Ilmu tentang kesamaan sintaksis dan morfologi bahasa-bahasa tanpa mempertimbangkan sejarah bahasa.

Pengertian Tipologi

Dari kedua arti kata yang sudah saya jelaskan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tipologi adalah studi tentang gambaran atau tipe, suatu pola hubungan yang orang-orang, peristiwa-peristiwa, dan atau institusi-institusi tertentu emban dengan pribadi-pribadi, peristiwa-peristiwa, dan atau institusi-institusi lain, yang terjadi pada waktu kemudian didalam sejarah penyelamatan Allah.

Contoh Tipologi

Salah satu contoh yang paling terkenal dari tipologi di Alkitab adalah Yohanes 3:14-15. Disitu Yesus berkata, "Sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal."

Tipologi diklasifikasikan menjadi 5 bagian yakni sebagai berikut:

1. Tipos Pribadi

Mereka yang memiliki sikap hidup yang menggambarkan sejumlah prinsip atau kebenaran. Adam disebut tipos untuk Kristus. Adam mewakili mereka yang jatuh kedalam dosa, sedangkan Kristus mewakili mereka yang dibebaskan (Rm. 5:14).

2. Tipos Peristiwa

Memiliki satu analogi hubungan dengan beberapa peristiwa kemudian. Misalnya Rakhel menangisi anak-anak yang dibunuh (Mat. 2:17-18) sebagai tipologi dari situasi pada masa Yeremia (Yer. 31:15).

3. Tipos Kelembagaan

Misalnya penebusan dengan pemercikan darah domba merupakan tipologi untuk penebusan Kristus dengan darahnya (1 Ptr. 1:19).

4. Tipos Jabatan

Misalnya jabatan Musa sebagai nabi merupakan suatu tipologi untuk Kristus. Melkisedek sebagai tipologi untuk Kristus dalam meneruskan imamat.

5. Tipologi Tindakan-tindakan

Misalnya tindakan Hosea mengawini seorang pelacur sebagai suatu tipologi untuk kasih Allah kepada Israel yang tidak setia (Hos. 1:2-9).

Beberapa gereja lama (antara lain Irenaeus, Origenes, Ambrosius, dan Agustinus) suka menafsirkan Alkitab seperti itu, dan kemudian dilanjutkan oleh gereja pada abad-abad pertengahan.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close