Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencerahkan Foto di Photoshop

Mungkin kamu pernah memotret sebuah objek menggunakan kamera HP namun sayangnya foto tersebut terlihat gelap dan buram karena pencahayaan di lokasi pengambilan foto kurang memadai. Disamping itu kualitas kamera juga menjadi salah satu faktor kenapa foto yang sudah kita ambil terlihat gelap.

Untuk mengatasi hal tersebut biasanya kita akan mencerahkan foto menggunakan aplikasi edit gambar seperti Photoshop. Dengan Photoshop, pengguna bisa mengatur kecerahan gambar dengan mengatur Shadow/Highlights, Brightness/Contrast, Lightness, Exposure dan lain-lain.

Dari beberapa metode mencerahkan foto diatas, saya akan menggunakan metode Exposure dengan mengatur Exposure dan Gamma Correction karena dengan cara ini pencahayaan pada foto akan terlihat lebih natural.

Cara Mencerahkan Foto di Photoshop Menggunakan Exposure

Untuk mencerahkan foto yang blur dan gelap di Photoshop, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti. Berikut tutorialnya:

1. Buka dan Jalankan Aplikasi Photoshop

Pertama-tama silahkan buka dan jalankan aplikasi Photoshop di laptop atau PC kamu. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CC 2023, dan saya rasa cara ini tidaklah jauh berbeda jika kamu menggunakan photoshop versi yang lain.

2. Masukkan Foto/Gambar kedalam Layer

Silahkan masukkan foto atau gambar yang akan diedit dengan cara klik menu File → Open. Buka folder tempat kamu menyimpan foto → pilih foto yang akan dimodifikasi pencahayaannya → Open. Maka secara otomatis foto akan ditambahkan kedalam aplikasi Photoshop.

3. Atur Exposure Untuk Mencerahkan Foto

Langkah selanjutnya kita akan mengatur pencahayaan pada foto agar terlihat lebih cerah dan terang. Caranya klik icon Layer lalu klik Create new fill or adjustment layer

Kemudian klik Exposure...

Silahkan atur kecerahan foto dengan mengatur Exposure dan Gamma Correction. Semisal disini saya menggunakan Exposure +2.03 dan Gamma Correction 1.52. Pada bagian ini silahkan atur sesuai dengan kondisi foto kalian karena tiap foto memiliki pencahayaan yang berbeda-beda sampai didapatkan hasil yang maksimal.

Jika semua sudah diatur silahkan tutup kotak dialog layer dengan menekan tombol Close

Dengan demikian kamu telah mencerahkan foto menggunakan Photoshop. 

4. Simpan Foto / Gambar

Jika dirasa sudah tidak ada lagi perubahan yang akan diterapkan pada foto, kamu bisa menyimpan foto ke folder dengan cara klik tab File lalu klik Save As. 

Kemudian tentukan di folder mana kamu ingin menyimpan foto dan jangan lupa untuk mengatur nama foto pada bagian File Name. Ubah juga format foto menjadi PNG atau JPG di bagian Format, lalu klik Save. 

Dengan demikian kamu telah menyimpan foto ke folder laptop atau PC kamu. Mudah bukan?

Selain menggunakan tool Exposure yang sudah saya paparkan diatas, masih ada banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mencerahkan foto di Photoshop. Cara tersebut akan saya bagikan di artikel selanjutnya. 

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close