Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna di Photoshop

Foto merupakan salah satu sarana yang biasa digunakan untuk mengabadikan suatu moment melalui gambar. Foto dihasilkan oleh kamera yang digunakan untuk menangkap atau merekam suatu objek atau kejadian pada suatu waktu tertentu.

Sebelum adanya kamera berwarna seperti sekarang ini, dulunya foto yang direkam oleh kamera memiliki dua warna yakni hitam putih. Oleh karena itu sekarang ini banyak orang kemudian ingin merepair foto hitam putih tersebut menjadi berwarna guna membangkitkan kenangan yang ada didalamnya.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat foto hitam putih menjadi berwarna adalah Photoshop. Photoshop memiliki sebuah tools bernama Neural Filters dimana melalui tools ini kamu bisa memberikan warna pada foto secara otomatis. Tool ini menggunakan alogaritma kecerdasan buatan dari Adobe Sensei.

Bukan hanya untuk mewarnai foto, Neural Filters juga bisa digunakan untuk memanipulasi foto dalam hal ini mengubah mimik wajah seseorang mulai dari ekspresi wajah, arah pandangan, pose dan bahkan usia hanya dengan menggeser tombol slider yang ada pada fitur ini.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengubah foto hitam putih menjadi berwarna di Photoshop menggunakan Neural Filters. 

Cara Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna di Photoshop

Sebelum lanjut ke tutorialnya, pastikan kamu telah menyiapkan foto hitam putih yang akan diubah menjadi berwarna. Selain itu, disini saya menggunakan software Adobe Photoshop CC 2023. Untuk Photoshop versi lawas setelah saya cek, fitur Neural Filters ini belum tersedia. Namun jika kamu menggunakan Adobe Photoshop CC 2021 dan 2022, fiturnya sudah tersedia.

Oya jadi nanti bukan hanya objek dalam foto saja yang akan diwarnai tapi juga backgroundnya, dengan kata lain AI dari Neural Filters ini akan mewarnai seluruh elemen dalam foto secara otomatis. Kita juga bisa mengganti jenis warna pada objek jika dirasa tidak sesuai. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini:

1. Jalankan Aplikasi Photoshop

Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Adobe Photoshop di laptop atau PC kamu yang sudah memiliki fitur Neural Filters.

2. Tambahkan Gambar / Foto Hitam Putih

Selanjutnya masukkan foto hitam putih yang akan diberi warna kedalam aplikasi. Caranya klik tab File lalu pilih Open (Ctrl+O). Buka folder tempat kamu menyimpan foto → pilih foto hitam putih → Open, maka secara otomatis foto akan ditambahkan kedalam layer.

3. Warnai Foto dengan Neural Filters

Kita akan mewarnai foto yang sudah berada dalam layer Photoshop. Caranya klik tab Filter lalu pilih Neural Filters...

Kemudian aktifkan sakelar di bagian Colorize, maka foto hitam putih akan diwarnai secara otomatis.

Jika kamu ingin mengganti warna objek dalam foto secara manual, silahkan klik bagian foto di Manually Color Image

Lalu pilih jenis warna yang akan kamu gunakan. Jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan

Untuk warna background (latar belakang), silahkan klik sample background yang akan diganti lalu klik Color

Pilih warna background yang akan kamu gunakan lalu klik OK

Terakhir klik OK untuk menyimpan pengaturan

4. Foto Hitam Putih Telah Diubah Menjadi Berwarna

Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar maka kamu telah berhasil mengubah foto hitam putih menjadi berwarna. Seperti yang terlihat, hasilnya tampak lebih natural dan keren

5. Simpan Foto

Jika tidak ada lagi perubahan yang akan kamu buat pada foto, kamu bisa menyimpan foto tersebut ke folder untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Langsung saja dipraktekkan yah guys.

Jika kamu masih kebingungan dengan tutorial merubah foto hitam putih menjadi berwarna diatas, bisa kamu tanyakan melalui halaman kontak yang tersedia di situs ini. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close