Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Parafrase Online Untuk Skripsi, Makalah, Artikel dan Jurnal

Bukan mahasiswa namanya kalau tidak pernah mendapatkan tugas dari dosen untuk membuat karya tulis ilmiah berupa makalah, jurnal maupun artikel ilmiah. Bahkan agar bisa menyelesaikan studi di perguruan tinggi, kita diwajibkan membuat satu karangan ilmiah yakni skripsi.

Dalam membuat tulisan ilmiah tersebut, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah tulisan tidak boleh plagiat ketika di cek menggunakan software turnitin. Adapun standar umum yang sudah ditentukan Ristekdikti tentang angka batas untuk plagiarsme adalah maksimal 25%. Lewat dari itu maka karya ilmiah kamu akan dicap plagiat.

Walaupun demikian, tiap kampus pasti berbeda satu dengan yang lain dalam hal maksimum angka batas untuk plagiarsme. Oleh karena itu, kamu tetap harus mengikuti aturan main yang sudah ditentukan oleh kampus masing-masing.

Lalu yang jadi pertanyaan, bagaimana jika karya ilmiah yang sudah dibuat setelah dicek menggunakan software Turnitin ternyata plagiarismenya lebih dari 25%? Biasanya bagian yang paling tinggi skor plagiarismenya adalah kajian pustaka.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan parafrase pada paragraf atau kalimat yang terdeteksi plagiat oleh turnitin agar angka plagiarismenya menurun.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara melakukan parafrase otomatis untuk karya ilmiah seperti skripsi, jurnal, artikel, makalah, tesis, disertasi dan lain-lain. Jadi disini kita akan menggunakan bantuan sebuah tools website parafrase online Indonesia yang tersedia di internet. Cekidot.

Apa Itu Parafrase?

Sebelum ke tutorialnya, ada baiknya kamu mengetahui apa itu parafrase. Parafrase adalah proses mengungkapkan kembali suatu kata, kalimat, bahasa, pernyataan atau ide yang sama dengan cara yang berbeda, biasanya dengan menggunakan kata-kata yang berbeda dari sumber aslinya. 

Parafrase berguna untuk menjelaskan atau menguraikan sesuatu dengan cara yang lebih mudah dipahami, atau untuk menghindari plagiat dengan menulis ulang ide dari sumber lain dengan kata-kata sendiri. Parafrase juga dapat digunakan untuk memodifikasi suatu kalimat tanpa merubah maksud utamanya.

Situs Website Untuk Parafrase Otomatis Bahasa Indonesia

Di internet ada banyak sekali situs website yang menyediakan tools parafrase online yang bisa kamu gunakan secara gratis, salah satunya Seo Magnifer. Situs ini bisa kamu akses melalui link: https://seomagnifier.com/

Seo Magnifer adalah sebuah situs web yang menyediakan berbagai macam tool untuk pengoptimalan mesin telusur (SEO). Situs ini banyak digunakan oleh para webmaster, blogger, SEO, serta pemilik usaha kecil untuk memantau SEO di situs website mereka.

Dalam pembuatan konten artikel berstandar SEO, salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah plagiarisme konten. Oleh karena itu, Seo Magnifer menyediakan sebuah alat bernama Paraprashing Tool dimana alat ini bisa kamu gunakan untuk memparafrase sebuah tulisan agar terhindar dari plagiarisme.

Bukan hanya artikel SEO saja namun kamu juga bisa menggunakan Paraprashing Tool ini untuk memparafrase karya tulis ilmiah kamu agar lolos plagiat ketika dicek di turnitin. Alat ini juga sudah support parafrase dalam bahasa Indonesia sehingga tata bahasa tulisan yang diparafrase bisa bagus dan enak dibaca.

Cara Parafrase Online Otomatis Agar Terhindar Plagiat

Berikut ini cara menggunakan situs web SEO Magnifer untuk parafrase skripsi, jurnal, makalah, dan artikel ilmiah lainnya secara otomatis dan online agar lolos plagiat ketika dicek di software Tutnitin:

  • Buka dokumen berisi karya tulis ilmiah yang akan diparafrase.
  • Blok dan salin/copy semua teks yang terkena plagiat.

  • Kunjungi situs SEO Magnifer melalui link berikut: https://seomagnifier.com/
  • Jika Seo Magnifer sudah terbuka, klik menu Paraprashing Tool

  • Paste teks yang sudah dicopy tadi pada kolom yang sudah disediakan. Di bagian Select Language, ubah menjadi Indonesia. Jika sudah klik Paraprashe It

  • Tunggu beberapa saat sampai situs selesai memparafrase tulisan kamu, hasilnya akan langsung dimunculkan dalam situs Seo Magnifer. Disini kamu juga akan melihat teks yang diwarnai, kamu bisa mengklik teks tersebut lalu mengubah kata jika dirasa kurang pas dalam satu kalimat. Jika semua kata sudah diperbaiki, klik Finish.

  • Terakahir kamu bisa menyimpan dokumen dengan cara klk Download. Atau bisa juga menyeleksi dan mengcopy semua teks yang sudah diparafrase tadi lalu menempelkannya pada dokumen word kamu.

  • Selesai


Website Parafrase Online Terbaik

Selain situs web diatas, masih banyak sekali website parafrase online di internet yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan angka plagiasi karya ilmiah kamu, seperti:

  1. Paraphrase-Online.com
  2. ParaphraseGenerator.org
  3. Rewordify.com
  4. Prepostseo.com
  5. Paraphrasingtool.com

Ingatlah bahwa mesin parafrase tidak selalu dapat menghasilkan parafrase yang tepat dan tidak selalu dapat menangkap makna yang sebenarnya dari teks asli. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa hasil parafrase dengan hati-hati untuk memastikan bahwa parafrase yang dihasilkan memang tepat dan tidak mengandung kesalahan atau kekeliruan sehingga merubah makna asli dari teks.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close