Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Canva For Education

Siapa sih yang gak kenal dengan Canva? Platform desain grafis ini memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi visual, termasuk poster, presentasi, desain media sosial, dan banyak lagi. Canva memiliki versi yang disesuaikan untuk penggunaan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. 

Nah kalau di sektor pendidikan ada Canva for Education, hasil kerjasama dengan Google for Education. Canva ini ditujukan khusus untuk lingkungan pendidikan khususnya bagi guru, praktisi pendidikan maupun murid atau siswa secara gratis. 

Dengan Canva for Education, guru dan siswa dapat mengakses berbagai fitur dan sumber daya tambahan yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran.

Berikut beberapa fitur dan manfaat Canva for Education, diantaranya:

  1. Akses Premium Gratis
    Canva for Education sering kali menyediakan akses gratis ke fitur premium bagi lembaga pendidikan atau guru dan siswa yang mendaftar menggunakan alamat email sekolah mereka.
  2. Kolaborasi Tim
    Memungkinkan guru dan siswa untuk bekerja sama dalam proyek desain, membuatnya lebih mudah untuk bekerja secara kolaboratif dalam membuat presentasi, poster, dan materi visual lainnya.
  3. Sumber Daya Pendidikan
    Canva for Education dapat menyertakan sumber daya pendidikan tambahan, seperti template yang dirancang khusus untuk keperluan pendidikan, tutorial, dan ide kreatif untuk membantu pengguna membuat materi pembelajaran yang menarik.
  4. Kontrol Privasi
    Menawarkan kontrol privasi tambahan yang memungkinkan guru mengelola dan mengawasi keamanan akun dan konten siswa.

Bagi tenaga pendidik dan siswa yang ingin mendapatkan Canva for Education secara gratis, dapat mengikuti tutorial yang akan saya bahas di artikel ini.

Cara Daftar Canva for Education dengan Akun Belajar.id

Nah berikut ini cara mendapatkan akun Canva Premium khusus untuk guru dan siswa SD, SMP, SMA Negeri dan Swasta:

1. Minta Akun Belajar ID ke Admin Sekolah

Pertama-tama anda harus bertemu dengan admin atau operator sekolah untuk meminta akun belajar.id yang akan digunakan untuk mendaftar akun Canva for Education. 

Atau bisa juga langsung mendaftar melalui https://belajar.id/ dengan memasukkan NPSN dan data pribadi (nama lengkap dan tanggal lahir). Jika semua sudah dimasukkan, tunggu beberapa saat sampai anda mendapatkan keterangan tentang status akun belajar.id, apakah sudah aktif, belum aktif atau tidak ditemukan. 

2. Buka Platform Canva

Buka platform Canva di smartphone atau PC melalui link berikut https://www.canva.com/

3. Daftar Canva for Education

Selanjutnya kita akan mendaftar Canva for Education menggunakan akun belajar.id, klik Sign Up

Lalu klik Continue Another Way

Kemudian klik Continue with Akun Belajar.id

Masukkan akun belajar.id yang sudah didapatkan dari operator sekolah atau yang sudah didaftarkan tadi.


Masukkan juga passwordnya

Dengan demikian kita telah membuat akun Canva for Education dan siap digunakan. Silahkan perhatikan di pojok kiri atas pasti ada keterangan kalau akun Canva tersebut untuk Education.

4. Mulai Membuat Desain

Setelah mendaftar kita sudah bisa membuat desain sesuai yang diinginkan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Dengan Canva for Education, guru atau pendidik juga bisa membuat materi pembelajaran (bahan ajar) yang lebih menarik sehingga mendorong minat belajar peserta didik.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close