Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Nama Sertifikat Otomatis di Canva

Sertifikat adalah dokumen yang menegaskan atau memberikan bukti bahwa seseorang telah memenuhi standar tertentu, telah menyelesaikan suatu pelatihan atau pendidikan, atau telah mencapai pencapaian khusus.  Sertifikat dapat diterbitkan oleh lembaga, termasuk lembaga pendidikan, organisasi profesi, atau lembaga sertifikasi independen.

Beberapa contoh sertifikat yang biasa kita temui diantaranya sertifikat pendidikan, pelatihan profesional, keanggotaan profesional, prestasi khusus, dan lain-lain.

Mungkin kamu pernah menjadi pelaksana suatu kegiatan dan memberikan sertifikat pada orang yang mengikuti kegiatan tersebut. Membuat sertifikat memang cukup merepotkan terutama di bagian mengisi nama, nomor setifikat dan tanda tangan apalagi jika dilakukan secara manual satu per satu.

Tapi jika membuat sertifikat di Canva, kita tidak perlu mengisi nama, nomor sertifikat dan tanda tangan satu per satu karena ada fitur Bulk Create. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat banyak sertifikat dengan nama berbeda sekaligus. Penasaran caranya? Silahkan disimak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengisi Nama Sertifikat Otomatis di Canva Menggunakan Bulk Create

Sebelum lanjut ke tutorialnya, pastikan kalian sudah mempunyai desain sertifikat serta nama-nama peserta yang akan dimasukkan kedalam sertifikat. Datanya bisa dalam bentuk Excel atau bisa juga dibuat di Canva nantinya.

1. Buka Aplikasi Canva

Pertama-tama buka aplikasi Canva di Laptop atau PC, disini saya sarankan menggunakan Browser Chrome. Jangan buka aplikasi Canva di smartphone karena fitur Bulk Create ini hanya berfungsi di canva versi desktop (laptop/PC). 

2. Buat Desain Sertifikat

Langkah selanjutnya adalah Buat Desain baru di Canva lalu pilih ukuran Sertifikat. Kemudian pilih template sertifikat yang akan digunakan. Disini kamu bisa mengubah desainnya seperti mengganti logo, gambar serta elemen-elemen lainnya.

3. Cari Fitur Bulk Create

Jika desain sertifikat sudah jadi, kita tinggal memasukkan nama-nama peserta secara otomatis.

Klik menu Aplikasi lalu pilih fitur Buat Banyak (Bulk Create).

4. Masukkan Data

Kemudian kita akan memasukkan data nama-nama peserta, disini kita pilih fitur Masukkan Data Secara Manual. Jika kamu sudah membuat data nama-nama peserta dalam bentuk Excel (format file .CSV atau nilai berbatas koma), kalian bisa langsung upload melalui Upload CSV.

Lalu isi nama-nama peserta pada kolom yang tersedia. Pada kolom Email, kalian hapus saja atau bisa diganti dengan nomor sertifikat. Disini juga kalian bisa menambahkan gambar semisal kalian mau masukkan tanda tangan pelaksana kegiatan.

Jika data sudah dimasukkan, scroll kebawah lalu klik Selesai

5. Hubungkan Data

Selanjutnya kita akan menghubungkan data yang sudah dibuat tadi. Caranya, di halaman desain klik nama lalu klik Lainnya (icon titik tiga).

Pilih Hubungkan Data

Klik Nama

Kemudian klik Lanjutkan

Lalu Buat Desain

Tunggu beberapa saat dan tab baru di browser Google Chrome akan terbuka. Di tab tersebut akan menampilkan sertifikat yang telah diberi mana secara otomatis. Kamu bisa scroll kebawah untuk melihat semua sertifikat yang telah digenerate.

6. Simpan Sertifikat

Langkah terakhir kamu bisa menyimpan sertifikat yang sudah dibuat. Klik Bagikan lalu Unduh.


Lalu atur Jenis File (pilih PNG), ukuran file, dan jika kamu ingin menyimpan semua desain, pada Pilih Halaman klik Semua Halaman lalu Unduh.

Maka semua sertifikat akan tersimpan ke perangkat.

Kesimpulan

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Dengan cara ini kamu bisa memasukkan ratusan bahkan ribuan nama kedalam sertifikat dalam waktu yang singkat. Ikuti terus blog kami untuk mendapatkan tutorial Canva lainnya.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close