Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Merk Aki Motor yang Bagus, Murah, Tahan Lama, dan Berkualitas

Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya merk aki motor yang bagus apa ya? Pasalnya jika salah memilih merk aki motor terbaik akan menimbulkan berbagai permasalahan. Entah itu dari sisi akinya maupun kelistrikan motor.

Untuk itu, selain memilih aki motor yang murah dan berkualitas, Anda juga perlu merawat aki secara teratur agar performanya selalu stabil.

Namun seiring berjalannya waktu, tak bisa dipungkiri bahwa aki motor terbaik dan tahan lama pun bisa menurun performanya ketika hampir menjelang 2 tahun.

Namun alangkah baiknya jika sedari awal Anda memutuskan untuk membeli merk aki motor yang bagus dan awet. Simak beberapa rekomendasi merk aki motor yang bagus di bawah ini.

Merk Aki Motor yang Bagus

Berbicara tentang aki motor yang bagus, setidaknya ada beberapa merk yang paling sering muncul, diantaranya yaitu:

1. Zeus Battery

Salah satu merk aki motor terbaik adalah Zeus Battery. Zeus menjadi peringkat pertama karena memiliki nilai Ampere Hours (Ah) dan CCA yang paling tinggi dibanding merk lain.

Untuk tipe GTZ-5S, aki Zeus memiliki dua varian yaitu Lead Acid dan Lithium. Tipe GTZ-5S Lead Acid Zeus memiliki nilai ampere 4,5 Ah, CCA 120, dan harga Rp. 135 ribuan.

Besarnya nilai ampere dan CCA membuat aki Zeus punya daya starter lebih bertenaga dan stabil.  


Sedangkan untuk varian Lithium GTZ-5S Zeus memiliki daya 25,6 Wh dan CCA 180. Ini jelas menjadi pelopor aki lithium terbaik saat ini. Apalagi harganya cuma Rp. 560 ribuan.

2. Aki Motobatt

Motobatt menjadi merk aki motor yang lumayan terkenal di kalangan pencinta otomotif. Dia menjadi urutan ketiga karena nilai Ampere dan CCA yang cukup rendah.

Untuk tipe MTZ-5S memiliki nilai ampere 4,2 Ah dan CCA 70. Aki ini dijual seharga Rp. 209 ribu di toko official motobatt di marketplace.

3. GS Astra

Salah satu merk aki motor yang bagus dan cukup terkenal adalah GS Astra. Dimana ia terdiri atas aki kering dan aki basah. 

Untuk aki kering GTZ-5S tipe Lead Acid sendiri punya nilai ampere sebesar 3,5 Ah, CCA 145, dan harga Rp. 243 ribuan.

Meskipun harganya sedikit mahal, tapi untuk kekuatan starternya cukup tangguh karena nilai CCA yang cukup tinggi.

4. Aki Yuasa


Brand Yuasa tentunya menjadi produsen aki asal Jepang yang cukup terkenal. Apalagi sudah lama Yuasa menjadi aki standar yang dipercaya banyak produsen otomotif indonesia yang memasarkan produknya. Baik itu yang berhubungan dengan mobil atau motor.

Jadi wajarlah jika aki Yuasa termasuk merk aki motor yang bagus dan bisa diandalkan untuk mendukung performa motor.

Untuk aki YTZ-5S punya nilai ampere sebesar 3,5 Ah dan CCA 65. Aki ini dijual di pasaran dengan harga yang sama milik motobatt yaitu kisaran Rp. 209 ribuan.

5. Nagoya

Aki nagoya bisa dijadikan salah satu pilihan terbaik karena dapat menyalurkan listrik dengan lebih stabil. Cocok untuk kebutuhan yang tidak terlalu berat dan butuh stabilisasi.

Dengan fitur yang kalem, membuat aki ini memilikia usia pakai yang cukup lama.

Aki Nagoya tipe GTZ-5S memiliki nilai ampere 4,2 Ah, CCA 115, dan dijual dengan harga Rp. 125 ribuan.

6. Aspira

Selain keempat merk aki motor yang bagus sebelumnya, aki Aspira juga bisa dijadikan pilihan menarik untuk Anda.

Terlebih lagi produsen sparepartnya masih satu grup dengan perusahaan Astra yang mengklaim produknya punya kualitas setara original.

Aki Aspira untuk tipe GTZ-5S memiliki nilai ampere 3,5 Ah, CCA 115, dan harga Rp. 172 ribuan.

Sehingga wajar saja jika aki aspira masuk dalam nominasi merk aki motor terbaik yang perlu dipertimbangkan ketika ingin mengganti aki motor yang sudah soak.

7. Federal


Merk Aki motor murah lainnya yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah aki Federal. Aki ini memiliki nilai ampere 3,5 Ah dan dijual di pasaran dengan harga Rp. 146 ribu.

Terlebih lagi merk Federal sendiri telah lama dikenal sebagai produsen sparepart yang sangat mengutamakan kualitas.

Sehingga tak ada salahnya jika mempertimbangkan untuk membeli aki Federal jika ingin mengganti aki lama Anda dengan yang baru.

Selain harganya yang terjangkau, kualitasnya juga sudah mumpuni dan cocok untuk kendaraan Anda agar lebih awet.

8. Bosch


Merk aki motor berkualitas selanjutnya adalah Bosch. Aki ini memiliki performa yang cukup bagus dengan nilai ampere sebesar 3.5 Ah untuk tipe RBTZ-5S.

Dari segi harga sendiri, aki ini dijual di pasaran dalam kisaran Rp. 250 ribuan. Anda bisa membelinya di marketplace atau toko offline terdekat.

9. Daytona


Berbicara tentang kualitas, Daytona menjadi merk yang cukup bisa diandalkan karena menggunakan teknologi gel.

Aki merk Daytona tipe GTZ-5S memiliki nilai ampere 3,5 Ah. Anda dapat membelinya di toko online dengan harga Rp. 160 ribuan.

Intinya, aki Daytona cukup bisa disandingkan dengan Aki motor yang bagus lainnya dan dapat jadi pilihan terbaik untuk dibeli.

10. NS Battery

Merk Aki motor bagus lainnya adalah dari NS Battery. Aki ini punya teknologi Xtreme Frame yang bisa meningkatkan performa kendaraan.

Adapun untuk sisi keamanannya, aki NS Battery dilengkapi anti bocor sehingga aman digunakan dalam waktu yang lama dan tidak menimbulkan korosif pada mesin kendaraan.

Aki NS Battery untuk varian HAWNXZ45 memiliki nilai ampere 3,5 Ah dan harganya 169 ribu di marketplace.

11. Furukawa


Merk aki motor yang bagus lainnya yang bisa dipilih adalah Furukawa. Walaupun di sektor aki mobil merk ini cukup terkenal. Namun di aki motor, merk ini kurang menonjol.

Meski demikian, aki furukawa tetap bisa dijadikan pilihan. Untuk aki FTZ5S-BS Furukawa memiliki nilai ampere 3,5 Ah dan dijual di marketplace sebesar Rp. 199 ribuan.

Perbandingan Spesifikasi Merk Aki Motor Terbaik di Indonesia

Demikianlah pembahasan tentang merk aki motor yang bagus dan terkenal di pasaran. Mayoritas orang umumnya memilih aki berdasarkan nilai Ampere-nya. Namun jika budget yang dimiliki terbatas, harga aki menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close