Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Partitur Lagu (Not Angka) di Microsoft Word

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman bertanya kepada saya mengenai "Bagaimana cara membuat partitur lagu lengkap dengan not angka di Microsoft Word?". Cek per cek ternyata teman tersebut diminta oleh dosen untuk membuat partitur lagu sebagai salah satu syarat untuk melulusi mata kuliah musik gerejawi yang diprogramkannya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang kesulitan membuat partitur lagu lengkap dengan not angka di microsoft word karena tidak mengetahui bahwa not angka tersebut dibuat menggunakan font khusus untuk menunjang pembuatan beberapa not-not tertentu dalam sebuah lagu seperti do tinggi, do rendah, fis dan beberapa not-not lainnya.

Bukan hanya itu saja, namun terdapat juga beberapa tanda nada yang tidak bisa dibuat menggunakan font biasa yang tersedia di Microsoft Word seperti Legato, Fermata, Bar Garis Penutup, dan lain sebagainya.

Nah bagaimana cara membuat sebuah partitur lagu lengkap dengan Not Angka di Microsoft Word?

Pada artikel kali ini saya akan menguraikannya secara jelas mengenai masalah tersebut. Namun perlu anda pahami bahwa bukan hanya aplikasi microsoft word yang bisa kita gunakan untuk membuat Not Angka tersebut melainkan bisa juga menggunakan aplikasi WordPad yang telah tersedia secara otomatis di perangkat komputer anda.

Cara Membuat Not Angka Untuk Partitur Lagu

Nah untuk membuat not angka di microsoft word, ada beberapa langkah yang harus anda ikuti yakni sebagai berikut:

1. Download dan Instal Font Notasi Angka

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload dan menginstal font yang akan digunakan untuk membuat not angka. Link downloadnya ada di bawah ini:

Cara mendownloadnya adalah:

  • Pertama-tama silahkan klik link download diatas dan anda akan diarahkan ke penyimpanan google drive. Silahkan klik link download di bagian pojok kanan atas
  • Jika sudah terdownload maka silahkan instal font tersebut. Jika font sudah terinstal maka secara otomatis font tersebut sudah bisa digunakan di microsoft office word anda.

Font yang telah anda download tadi sangat direkomendasikan untuk membuat not angka di microsoft word. Jika anda sudah menginstalnya maka kita akan melangkah ke tahap selanjutnya yakni pembuatan not angka.

2. Shortcut Untuk Membuat Tanda Nada dan Not Tertentu

Setelah menginstal font yang akan digunakan untuk membuat not angka, maka selanjutnya saya akan membahas mengenai shortcut atau kombinasi tombol keyboard untuk membuat tanda nada atau not tertentu yang tidak tersedia di symbol seperti Fermata, Legato, titik atas, titik bawah, naik stengah, Bar garis dan lain sebagainya.

Font yang telah anda download hanya mendukung angka 0 sampai 7. Jadi ketika anda mengetikkan angka 8 dan 9 maka akan berubah menjadi tanda nada atau tidak berbentuk apa-apa. Hal tersebut dikarenakan font ini dikhususkan hanya untuk membuat not angka ketika membuat sebuah partitur lagu.

Cara membuat tanda nada ataupun not yang tidak bisa dibuat dengan simbol, misalnya saja anda akan membuat Re Tinggi (dua titik diatas) maka silahkan ketik angka 2 menggunakan font notasi angka kemudian diikuti dengan menekan tombon Shift + >

Untuk membuat syair lagunya bisa menggunakan font sesuai dengan keinginan anda tetapi saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan font Calibri untuk hasil yang lebih baik.

Untuk membuat baris nada, anda bisa menggunakan fitur shapes kemudian pilih line. Jika sudah silahkan tarik garis dari nada satu ke nada yang lainnya.

Tips Membuat Partitur Lagu di Microsoft Word

Memang disadari bahwa awal kita membuat not angka di Microsoft Word, anda akan menemukan beberapa kesulitan seperti:

  • Kesulitan dalam membuat tanda nada atau not tertentu
  • Mencocokkan antara not dengan syair lagu.
  • Mengatur baris nada dan lain sebagainya.

Namun dengan latihan dan ketelitian, saya yakin anda akan bisa dan mahir dalam membuat partitur lagu menggunakan aplikasi microsoft word.

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Membuat Not Angka di Microsoft Word, jika ada yang kurang anda mengerti seputar uraian saya diatas, boleh anda tanyakan di kolom komentar. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. sekian dan terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close