Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambah Font Baru di Microsoft Office (Word, Excel, Power Point)

Jika kita mengamati lembar kerja di microsoft office (MS Word, MS Excel, MS Power Point dan sebagainya) tentu saja font atau huruf yang disediakan sudah sangat banyak. Namun terkadang karena tuntutan pekerjaan maka terdapat font yang harus kita gunakan namun tidak tersedia di aplikasi tersebut.

Atau juga terkadang kita ingin menambah koleksi font kita di perangkat komputer siapa tau besok atau lusa kita membutuhkan font tersebut jadi tidak perlu repot lagi untuk mencari, mendownload kemudian mengintal font-font tersebut karena sudah anda persiapkan sebelumnya di Microsoft Office anda.

Ketika menginstal font kedalam perangkat komputer, font tersebut tidak hanya digunakan di aplikasi Microsoft saja melainkan juga bisa digunakan di berbagai macam aplikasi misalnya photoshop, paint, dan berbagai macam aplikasi yang memungkinkan kita untuk menulis teks didalamnya.

Nah bagaimana cara untuk menambahkan font kedalam perangkat anda? berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan:

Download Font

Jika anda belum memiliki font yang akan diintal, pertama-tama anda harus mendownload fontnya terlebih dahulu. Ada banyak situs-situs penyedia font gratis yang bisa anda kunjungi di mesin pencari google. Misalnya saja situs 1001freefonts yang menyediakan font gratis dan juga font komersial berlisensi.

  • Pertama-tama silahkan kunjungi situs 1001freefonts untuk mendownload font gratis
  • Selanjutnya silahkan cari font yang akan anda inginkan dan jika sudah ketemu silahkan download font tersebut.
  • Jika sudah silahkan tunggu sampai font yang di download tesimpan kedalam perangkat anda. Font yang anda download tadi dalam bentuk file .zip (winrar)


Ekstrak dan Instal Font

Lankah selanjutnya adalah mengekstrak dan menginstal font yang telah didownload tadi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan anda bukan folder tempat font yang telah terdownload tadi.
  • Kemudian klik kanan dan pilih Extract Here, maka secara otomatis
  • Selanjutnya silahkan cari file dalam bentul .ttf dari hasil extract tadi kemudian klik dua kali pada file tersebut
  • Jika filenya sudah terbuka maka silahkan klik instal untuk menginstal font tersebut kedalam perangkat anda.
  • Jika sudah maka secara otomatis font tersebut sudah terinstal kedalam perangkat anda.

Nah untuk membuktikannya, maka silahkan buka aplikasi microsoft anda baik itu microsoft word, microsoft excel maupun microsoft power point dan lain sebagainya untuk mengecek dan menggunakannya.

Video Tutorial Instal Font di Microsoft Office

Jika kamu masih belum mengerti cara instal font diatas, kamu bisa menonton tutorialnya dibawah ini.

Kesimpulan

Nah demikianlah uraian saya mengenai cara menambah font baru di microsoft office baik itu microsoft word, microsoft excel, microsoft power ponint dan lain sebagainya. Semoga pembahasan saya kali ini dapat bermanfaat untuk anda dan jika ada yang kurang dimengerti, silahkan anda tanyakan. Sekian dan terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close