Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memunculkan Ruller (Penggaris) di Microsoft Word

Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar/mahasiswa, karyawan, pegawai dan berbagai macam bidang dan kegiatan lainnya adalah Microsoft Office Word. Aplikasi ini sangat membantu seseorang dalam mengolah data berupa kata dan kalimat menjadi sebuah dokumen.

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur yang bisa digunakan dalam mengolah kata salah satunya adalah Ruller.

Apa itu Ruller di Microsoft Word?

Ruller (penggaris, garis bantu, garis pengukur, garis tepi) merupakan sebuah garis berbentuk mistar yang terletak pada sisi atas dan samping kiri pada lembar kerja Microsoft Word.

Apa Fungsi Ruller di Microsoft Word?

Dalam penggunaannya, Ruller sangat membantu seseorang mengatur paragraf (spasi dan jarak) sehingga dokumen yang anda buat bisa terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Disamping itu, ketika anda membuat struktur dari tulisan menggunakan bullets dan numbering, ruller sangat diperlukan dalam mengatur jarak agar bisa tersusun dengan rapi.

Ruller Hilang di Microsoft Word

Terkadang fitur ini tidak muncul di lembar kerja entah karena anda secara tidak sengaja menghilangkannya atau memang ketika menginstal Microsoft Office kedam komputer pengaturan pabriknya tidak menampilkan ruller di lembar kerja anda.

Nah bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Pada pembahasan kali ini, saya akan mencoba menguraikan cara yang bisa anda lakukan untuk menampilkan kembali ruller yang hilang atau tidak ada di Microsoft Word.

Cara Menampilkan Ruller di Microsoft Word

Nah untuk menampilkan ruller di Microsoft Word, ada dua cara yang bisa anda lakukan yaitu:

Cara 1:

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Microsoft di komputer anda
  • Selanjutnya silahkan ke Menu Bar dan pilih View
  • Di bagian Show/Hide, silahkan centang "Ruller" untuk memunculkan penggaris di lembar kerja anda
  • Dengan demikian ruller disebelah atas dan samping kiri pada lembar kerja anda sudah dimunculkan kembali.

Cara 2:

Disamping cara yang saya paparkan diatas, ada cara yang lebih sederhana untuk memunculkan ruller di Microsoft Word. Silahkan perhatikan sebuah fitur di sebelah kanan lembar kerja anda. Di dekat Previous Page terdapat fitur View Ruller yang bisa anda gunakan untuk memunculkan dan menghilangkan ruller dengan mudah.

 Mengubah Satuan Inchi ke CM di Ruller

Permasalahan lain yang kerap kali dialami seseorang ketika menggunakan ruller adalah satuan yang terdapat di penggaris tersebut. Kita akan sangat kesulitan mengatur paragraf jika satuannya dalam bentuk inchi. Nah bagaimana cara mengubah satuan inchi tersebut ke CM? Silahkan simak uraiannya dibawah ini.

  • Pertama-tama silahkan pilih Menu kemudian Word Options
  • Selanjutnya di Word Options, silahkan pilih Advanced kemudian scrol kebawah. Anda akan menemukan sebuah kolom Display. Di Show Measurement in Units of, silahkan ubah ke Centimeters.
  • Terakhir, silahkan klik OK pada bagian bawah Word Options untuk menyimpan pengaturan anda. Maka secara otomatis saturan ruller akan berubah ke centimers.

Kesimpulan

Memang ada banyak sekali fitur-fitur yang bisa kita manfaatkan di aplikasi Microsoft Word dan salah satunya adalah Ruller. Fitur-fitur tersebut akan semakin mempermudah pekerjaan kita dalam hal mengolah data. Namun terkadang karena beberapa masalah sehingga fitur tersebut hilang atau dalam pandangan kita bermasalah.

Salah satu fitur yang kerap kali kita gunakan diatas dan kerap kali juga membuat kita pusing karena hilang secara tiba-tiba, namun saya telah memberikan solusi untuk mengatasinya. Semoga artikel saya kali ini dapat membantu anda dalam memecahkan masalah diseputar Microsoft Office. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close