Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merapikan Hasil Copyan PDF di Microsoft Word dengan Cepat, Cuma 5 Detik

Seringkali ketika kita mencopy paste atau menyalin materi dari PDF ke Microsoft Word, hasil salinan tersebut menjadi berantakan dan tidak karuan. 

Untuk memperbaiki hasil salinan tersebut tentu saja akan memakan banyak waktu apalagi jika materi yang telah disalin dari PDF ke MS Word tersebut sangat banyak bahkan sampai puluhan halaman.

Untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya kita merapikannya secara manual. Mengatur jarak spasi barisnya satu per satu, mengatur spasi antar karakternya satu per satu siapa tau ada yang kelewatan sampai dua spasi, mengatur ukuran hurufnya, dan lain sebagainya.

Tapi tahukah kamu, ternyata ada satu trik yang dapat membantu kita untuk merapikan hasil salinan tersebut tanpa memakan banyak waktu, kamu hanya memerlukan waktu 5 sampai 10 detik saja dan hasil salinan tersebut bisa rapi seperti ketika kamu melakukan pengetikan secara manual.

Sebelum dirapikan

Sesudah dirapikan


Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Merapikan Hasil Copyan di Microsoft Word

Untuk merapikan hasil copyan PDF di Microsoft Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan copy teks di PDF kemudian buka lembar kerja baru di Microsoft Word lalu pastekan hasil copyan tadi di lembar kerja Microsoft Word
  • Jika hasil copyan tersebut sudah ada di lembar kerja MS Word, silahkan tekan CTRL+A secara bersamaan di keyboard komputermu
  • Jika semua teks hasil copyan tersebut telah terblok, tekan kembali secara bersamaan di keyboard CTRL+H, maka akan muncul jendela Find and Replace (perhatikan gambar dibawah)

  • Selanjutnya di kotak Find What silahkan isi dengan ^p dan di bagian Replace With silahkan spasi satu kali (perhatikan gambar dibawah)

  • Nah jika sudah silahkan klik Replace All maka akan muncul jendela pemberitahuan, silahkan klik Yes lalu klik OK jika masih ada jendela pemberitahuan yang muncul.
  • Secara otomatis hasil copyan dari PDF ke MS Word tadi akan menjadi rapi. Terakhir silahkan klik Close (tanda silang) di jendela Find and Replace.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Merapikan Hasil Copyan PDF di Microsoft Word dengan Cepat, Cuma 5 Detik. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu. Sekian dan terima kasih

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close