Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar File MS Word, Excel, PowerPoint Tidak Bisa Dihapus dan Dicopy

Pernah tidak kamu sudah capek-capek mengerjakan tugas entah itu di Microsoft Word, Excel, ataupun PowerPoint tapi ujung-ujungnya teman malah seenaknya mengcopy paste tugas tersebut? Jengkel, iya. Marah, iya. Apalagi kalau kedapatan oleh guru atau dosen, bisa-bisa malah kita yang dituduh plagiat.

Permasalahan ini pernah saya alami sewaktu masih kuliah dan alhasil nilai saya di mata kuliah tersebut eror dan harus mengulang di semester berikutnya. 

Belajar dari kesalahan masa lalu, ternyata ada trik agar file kita tidak bisa dicopy paste seenaknya loh. Bukan hanya itu saja, file tersebut juga tidak bisa dihapus jadi akan aman tersimpan di laptop/komputer kita.

Tidak hanya berlaku untuk MS Office saja, cara ini juga berlaku untuk semua jenis file di perangkat komputer kamu entah itu film, lagu, ataupun data-data penting lainnya.

Sayangnya trik ini baru saya ketahui ketika sudah lulus kuliah, oleh karena itu saya ingin membagikannya kepada teman-teman agar kejadian yang pernah saya alami tidak kamu alami juga dikemudian hari.

Cara Agar File Tidak Bisa Dihapus, Copy, Cut

Agar file tidak bisa disalin ataupun dihapus di perangkat komputermu, langkah-langkah untuk menguncinya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan kamu buka folder kemudian cari file yang hendak kamu kunci agar tidak bisa dihapus ataupun disalin.
  • Selanjutnya pada file tersebut, silahkan klik kanan kemudian pilih Properties
  • Selanjutnya silahkan ke Security kemudian pilih Advenced

  • Di jendela Advenced Security Setting, Silahkan pilih Disable Inheritance

  • Selanjutnya di jendela Block Inheritance, silahkan pilih Convert Inherited Permission Into Explicit Permission On This Object

  • Selanjutnya di kotak Permission Entries, klik dua kali pada Administators (Idea-PC/ Administrators)

  • Selanjutnya akan muncul jendela Permission Entry For, di Type silahkan ubah Allow menjadi Deny lalu klik OK

  • Selanjutnya di Advenced Security Setting, silahkan klik Apply lalu akan muncul pemberitahuan, klik saja Yes lalu terakhir klik OK

  • Lalu tekan OK sekali lagi di jendela Properties tadi dan selamat file anda sudah tidak bisa dihapus ataupun dicopy paste


File tersebut sudah tidak bisa dihapus atau dicopy lagi oleh sembarang orang. Dibawah ini perintah yang muncul ketika file tersebut dicoba untuk dihapus.

Cara Mengembalikan File yang Tidak Bisa Dihapus atau Dicopy

Nah bagaimana caranya mengembalikan file yang tidak bisa dihapus dan dicopy tadi? caranya cukup mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah diatas kembali kemudian di Permission Entry For, silahkan ubah kembali Deny Menjadi Allow

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Agar File MS Word, Excel, PowerPoint Tidak Bisa Dihapus dan Dicopy, Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Sekian dan terima kasih.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard