Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Mengetik

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi menggunakan aplikasi Microsoft Word. Apliasi yang digunakan untuk mengolak kata ini memang sangat membantu kita dalam menyelesaikan berbagai macam tugas dan pekerjaan seputar pengolahan kata entah itu membuat dokumen, membuat tugas kuliah, membuat laporan dan lain sebagainya.


 

Namun pernahkah kamu mengalami kejadian dimana kamu tidak bisa mengetik sama sekali di aplikasi Microsoft Word? Ya tentu saja hal ini dapat membuat kita jengkel ataupun marah apalagi jika ada dokumen yang secepatnya harus kita rampungkan malah terkendala karena persoalan tersebut.

Nah saya beberapa kali pernah mengalami hal ini. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kita tidak bisa mengetik di MS. Word dan hal tersebut akan saya jelaskan di artikel ini berdasarkan pengalaman saya dan bagaimana cara mengatasi tidak bisa mengetik di aplikasi Micorosft Word tersebut.

Langsung saja disimak penjelasannya dibawah ini.

Restart Komputer/Istirahatkan Komputer Anda

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika keyboardmu tiba-tiba tidak bisa digunakan adalah merestart komputer atau laptopmu. Hal tersebut dikarenakan bisa saja komputermu tidak pernah diistirahatkan sehingga mempengaruhi kinerja mesin yang menyebabkan tidak dapat berfungsinya dengan baik beberapa bagian di perangkatmu. Selain itu merestart komputer bisa membantu kamu menutup program-program yang terbuka dan bikin lemot.

Jika sudah direstart atau diistirahatkan sejenak, silahkan buka kembali aplikasi Microsoft Word kamu dan cobalah mengetik, apakah permasalahan kamu sudah teratasi atau belum.

Periksa Keyboard Apakah Rusak atau Tidak

Keyboard merupakan perangkat yang kita gunakan untuk mengetik di laptop ataupun komputer. Salah satu penyebab mengapa kita tidak bisa mengetik karena bisa saja keyboard yang kita gunakan bermasalah atau rusak.

Untuk mengatasinya silahkan periksa keyboard yang kamu gunakan apakah ada masalah misalnya kabel pada keyboard terputus. Jika kamu menggunakan keyboard wireles, silahkan periksa kondisi batreinya.

Kamu juga bisa menggunakan keyboard bantu yang bisa langsung dicolok ke tempat USB untuk memastikan apakah benar-benar keyboardmu bermasalah.

Periksa Proteksi Dokumen 

Penyebab lain mengapa kita tidak bisa mengetik di Microsoft Word karena dokumen kita terkunci sehingga kita harus membuka proteksi tersebut terlebih dahulu agar bisa kembali mengetik di MS Word.

Untuk membuka kunci tersebut silahkan ke menu File kemudian pilih Info lalu pilih Protect Document. Silahkan periksa pada Mark as Final apakah memang dokumen tersebut telah dikunci oleh orang lain.

Ubah Format File Word Anda

Jika semua yang telah saya jelaskan diatas tidak berhasil tapi dokumen yang kamu buat secepatnya harus dirampungkan maka solusi lain yang bisa kamu lakukan adalah membuka file Word tersebut di WordPad.

Kamu tinggal klik kanan pada file MS Word yang berada dalam folder kemudian pilih Open With lalu pilih WordPad. Jika sudah silahkan coba apakah kamu bisa mengetik di WordPad tersebut. Jika bisa maka yang bermasalah memang adalah aplikasi MS Word kamu tapi jika tidak bisa maka yang bermasalah kemungkinan besar adalah keyboard kamu.

Demikianlah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami kendala tidak bosa mengetik di Microsoft Word 2007/2010/2013/2016. Semoga salah satu dari beberapa cara diatas dapat berhasil sehingga kamu tidak kesulitan lagi karena persoalan tidak bisa mengetik. Terima kasih.


Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard