Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah File PPT PowerPoint ke PDF

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan Microsoft PowerPoint atau bahkan aplikasi ini seringkali kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari entah itu dalam pekerjaan, sekolah, peribadahan dan lain sebagainya.

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa tanpa aplikasi ini mungkin akan ada banyak kendala yang akan kita hadapi dalam dunia kerja khususnya dalam hal mempresentasikan hasil karya kita kepada orang lain. 

Kita tidak perlu lagi repot-repot menjelaskan dan berbicara panjang lebar kepada orang lain. Kita tinggal merangkum point-point pentingnya saja dari materi yang akan kita paparkan kemudian dibuatkan slide dengan tema/template dan efek yang menarik lalu dipresentasikan kepada orang lain dengan bantuan alat LCD proyektor. Yah itulah kemudahan-kemudahan yang sudah kita dapatkan sekarang ini berkat perkembangan teknologi. 

Berbicara mengenai PowerPoint, tentu saja masih banyak hal yang belum kita ketahui secara mendalam dari aplikasi ini, salah satu contohnya adalah bagaimana jika dosen atau bos kita menyuruh kita membuat sebuah presentasi di PowerPoint namun file tersebut tidak harus kita presentasikan namun harus dikirim dalam bentuk PDF. Yah istilahnya PPT ke PDF lah ya.

Semasa kuliah bahkan sampai sekarang sudah bekerja, beberapa kali bos saya meminta saya untuk membuat sebuah presentasi di PowerPoint namun file tersebut harus dikirim ke beliau dalam bentuk PDF. 

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada kamu bagaimana cara mengubah file PPT PowerPoint menjadi format PDF dengan mudah.

Cara Mengubah PowerPoint ke PDF

Untuk mengubah file PPT ke PDF, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubahnya secara online. Jadi presentasi yang telah kamu buat tadi simpan dulu kedalam foldermu dengan format bawaan PowerPoint. Nah jika sudah tersimpan di dalam folder maka cara untuk mengubahnya kedalam bentuk PDF adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan kunjungi situs Smallpdf - PPT ke PDF
  • Jika sudah masuk di situsnya, selanjutnya silahkan klik Pilih File lalu cari file dalam folder penyimpanan kamu. Nah kalau sudah dapat silahkan klik Open
  •  Kemudian tunggu beberapa saat sampai filenya benar-benar terupload dan terkonversi masuk kedalam situsnya.  
  • Nah jika sudah maka disebelah kiri kamu akan melihat pratinjau dari file PPT PowerPoint kamu. Silahkan download hasil konversi tadi dengan mengklik Unduh lalu pilih Simpan Berkas terus klik OK
  •  Nah secara otomatis file PowerPoint kamu telah tersimpan ke perangkat (folder) dalam bentuk PD. Biasanya akan tersimpan di folder Download komputer kamu.

 Penutup

Nah demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengubah File PPT PowerPoint ke PDF, semoga dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close