Mengenal Fungsi Area Kerja Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat bahan presentasi. Dalam presentasi tersebut kita dapat memaparkan beragam materi dengan mudahnya yang dituangkan pada sebuah slide.

Pada aplikasi PowerPoint, slide dapat memuat berbagai macam komponen untuk menunjang materi presentasi kita seperti:

  • Gambar
  • Suara
  • Video
  • Teks
  • Grafik
  • Film
  • Animasi, dan lain sebagainya

Disamping itu, kita juga dapat memodifikasi tampilan slide yang akan kita gunakan sesuka hati kita sehingga terlihat lebih menarik dengan bantuan berbagai macam fitur didalamnya. Setiap bagian fitur-fitur yang ada di area kerja PowerPoint sangat membantu kita dalam membuat sebuah presentasi, namun sayangnya kita belum mengenal dengan benar fungsi dari masing-masing area kerja di Microsoft PowerPoint sehingga kerap kali tidak pernah kita gunakan.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai fungsi area kerja di PowerPoint. PowerPoint yang saya gunakan adalah versi 2007, namun kamu tidak perlu khawatir karena pembahasan ini juga berlaku untuk versi lainnya seperti MS PowerPoint 2016, 2010, 2013 dan 2003, walaupun untuk versi 2003 terdapat beberapa perbedaan yang sangat mencolok dengan versi lainnya.

Apa Itu Area Kerja PowerPoint?

Setiap aplikasi atau software pasti memiliki area kerja. Area kerja merupakan bagian-bagian dalam sebuah aplikasi yang digunakan untuk berbagai macam keperluan. Di PowerPoint sendiri terdapat beberapa bagian area kerja. Bagian-bagian tersebut sangat membantu kita untuk membuat sebuah presentasi yang menarik karena berisi berbagai macam tools yang memudahkan kita untuk bekerja membuat slide. 

Tidak ada bagian pada area kerja yang tidak berguna. Semuanya diciptakan dengan tujuan yang berbeda-beda namun dengan maksud yang sama adalah untuk mempermudah pekerjaan kita.

Bagian-bagian Area Kerja MS. PowerPoint

Jika kita perhatikan area kerja PowerPoint, maka kita bisa melihat ada beberapa bagian area kerja dan setiap bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing. Di beberapa bagian tersebut juga terdapat beragam tools yang dapat membantu kita untuk membuat sebuah presentasi yang menarik.

Secara umum, area kerja tersebut menjadi 8 bagian besar. Bagian-bagian tersebut adalah:

  1. Office Button
  2. Quick Acces Toolbar
  3. Ribbon Menu
  4. Slides/Outline
  5. Slide
  6. Task Pane
  7. Note Pages
  8. Status Bar

 Fungsi Masing-masing Area Kerja PowerPoint

Setelah mengetahui bagian-bagian dari area kerja PowerPoint, maka selanjutnya saya akan membahas fungsi masing-masing area kerja tersebut.

1. Office Button

Jika kita memperhatikan area kerja Microsoft Office, maka office button ini pasti akan selalu ada khususnya Microsoft Office 2010 dan 2007. Office Button adalah sebuah tools yang terdapat di Microsoft Office dan biasanya terletak di pojok sebelah kiri atas pada area kerja.  Fungsi dari Office Button adalah untuk menampilkan berbagai macam menu seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close, dan juga Options.

2. Quick Acces Toolbar

Quick Acces Toolbar biasanya terletak disamping Office Button. Quick Acces Toolbar adalah batang yang berisi icon atau tombol jalan pintas dari perintah-perintah tertentu. Biasanya di Quick Acces Toolbar terdapat tiga tombol Save, Undo dan Redo. Namun kamu bisa mengganti tombol tersebut di bagian Costumize Quick Acces Toolbar dengan tombol yang lain misalnya New, Open, Quick Print dan lain sebagainya.

3. Ribbon Menu

Ribbon Menu pada PowerPoint merupakan sekumpulan tombol perintah atau alat yang digunakan untuk berbagai macam keperluan pembuatan presentasi. Ribbon menu dan juga bisa berupa icon. Bagian utama dari Ribbon adalah Ribbon tabs yang terdiri dari 7 menu utama yakni Home, Insert, Design, Animation, Slide Show, Review dan View.

4. Slides/Outline

Slides/Outline biasanya terletak disebelah kiri dari slide kita. Fungsi dari Outline adalah untuk melihat hasil dari masing-masing slide presentasi yang telah kita buat.

5. Slide

Slide adalah halaman kerja (lembar kerja) juga lembaran presentasi kita di PowerPoint. Di slide inilah tempat kita membuat presentasi menarik dengan menambahkan berbagai macam elemen seperti teks, gambar, video, suara dan lain sebagainya. Presentasi yang telah kita buat kemudian bisa dipaparkan kepada orang lain dalam slide ini.

6. Task Pane

Task Pane merupakan sebuah jendela khusus yang biasanya terletak di sebelah kanan pada slide atau halaman kerja PowerPoint. Task Pane biasanya berisi perintah yang kita munculkan untuk berbagai keperluan dan kita bisa menyembunyikannya ketika sudah tidak diperlukan lagi.

7. Note Pages

Note Pages biasanya terletak di bagian bawah slide pada PowerPoint. Note Pages biasanya digunakan untuk memberikan catatan pada slide yang dibuat untuk ditampilkan kemudian.

8. Status Bar

Status Bar atau halaman status adalah suatu batang yang terletak pada bagian paling bawah jendela aplikasi PowerPoint. Status Bar biasanya berisi status atau keadaan aplikasi PowerPoint yang kita gunakan seperti jumlah slide, pengaturan bahasa, tema yang digunakan dan lain sebagainya. 

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Mengenal Area Kerja Microsoft PowerPoint, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami beberapa hal seputar aplikasi PowerPoint sebelum menggunakannya. Sekian dan terima kasih.

Baca juga