Cara Mengetahui File MS. Word Copy Paste atau Bukan

Sekarang ini, bukan hal yang tabu lagi bagi para mahasiswa mengenai copy paste. Budaya COPAS , plagiat, menyalin atau lebih dikenal dengan budaya copy paste sudah mendarah daging dalam diri setiap mahasiswa apalagi jika dedline pengumpulan tugas semakin dekat dan tidak ada lagi waktu untuk mengerjakannya, ya mau tidak mau harus copy paste dari pada mendapatkan nilai E atau eror.

Jika ditanya, apakah saya pernah melakukannya? Jujur saja beberapa kali selama kuliah saya pernah melakukan copy paste tugas dari teman-teman karena tidak sempat mengerjakannya. 

Oleh karena itu sangat penting bagi dosen untuk bersikap jeli memeriksa setiap tugas mahasiswa, apakah tugas tersebut memang betul-betul hasil pekerjaan mahasiswa tersebut ataukah dia hanya melakukan copy paste tugas dari orang lain dan mengakui bahwa itu adalah tugas miliknya.

Ada berbagai macam cara mengecek tugas mahasiswa tersebut copy paste, apalagi jika tugas tersebut diserahkan dalam bentuk softcopy Microsoft Word.

Nah pada pembahasan kali ini, saya akan memaparkan salah satu cara mengecek tugas mahasiswa tersebut hasil copy paste atau bukan di MS. Word. Namun jika kamu telah selesai mengecek tugas tersebut berdasarkan cara yang saya paparkan, ada baiknya mempertegas dan memberi penekanan kepada mahasiswa yang bersangkutan apakah tugas tersebut memang miliknya ataukah copy paste dengan menunjukkan bukti-bukti hasil penelusuran kamu.

Langsung saja simak langkah-langkah pengecekannya dibawah ini.

Cara Mengetahui File Microsoft Word Copy Paste atau Bukan

Untuk mengecek file atau dokumen tersebut hasil copy paste atau bukan di MS. Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Silahkan buka folder dimana file MS. Word yang hendak kamu cek plagiatnya tersebut berada.
  • Nah jika sudah ketemu, silahkan klik kanan pada file tersebut lalu pilih Properties

  • Secara otomatis kamu akan dibawa menuju jendela Properties. Silahkan pilih Details kemudian lihat bagian Origin, nah disitu terpampang dengan jelas siapa pemilik asli dokumen tersebut

  •  Di bagian Origin tersebut terdapat detail file misalnya:
    1. Authors: pemilik file tersebut
    2. Last save by: siapa yang menyimpan terakhir kali file tersebut
    3. Revision number: berapa kali file tersebut telah diubah
    4. Content created: kapan file tersebut dibuat
    5. Date last saved: kapan terakhir kali file tersebut diperbaharui
    6. Total editing time: berapa jam file tersebut telah dibuka dan diedit.

Nah dibagian situlah kamu bisa mengetahui siapa sebenarnya pemilik asli dari file atau tugas dalam bentuk soft copy yang dikumpul oleh mahasiswa dan berapa kali dia merevisinya. Pada bagian authors dan last save by, Microsoft Office Word akan membaca nama yang tertera di User Account laptop yang digunakan untuk membuat dan mengubah file tersebut. Misalnya saja saya menggunakan laptop Toshiba dan belum mengganti nama pada User Accountnya, maka nama authors yang akan terpampang disitu adalah Toshiba. Namun karena saya telah mengganti nama User Account pada laptop saya maka nama asli sayalah yang muncul di Authors tersebut.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Mengetahui File MS. Word Copy Paste atau Bukan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Selain cara diatas, masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah file atau sebuah tulisan merupakan hasil copy paste atau bukan misalnya saja menggunakan tools yang tersedia gratis di google seperti Plagiarism Checker. Di tools tersebut kamu bisa memasukkan setiap paragraf pada file dan google akan secara otomatis melakukan penelusuran di mesinnya untuk mendeteksi tulisan tersebut plagiat atau bukan.

Baca juga