Cara Menghilangkan Garis Merah dan Garis Hijau di Microsoft Word

Hampir semua orang yang memiliki laptop atau komputer mempunyai aplikasi Microsoft Office entah itu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint dan sebagainya. 

Aplikasi-aplikasi tersebut memang sangat membantu kita dalam mengolah data maupun dokumen untuk berbagai macam keperluan pekerjaan dan pendidikan. Oleh karenanya bisa dikatakan bahwa aplikasi tersebut memang harus terinstal di kompter anda karena sewaktu-waktu harus digunakan.

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang terdapat pada Microsoft Office. Aplikasi ini digunakan untuk mengolah kata di dokumen untuk berbagai macam keperluan.

Bagi anda pengguna MS. Word, seringkali anda mengalami berbagai macam kendala dalam penggunaan aplikasi ini, misalnya saja ketika mengetik anda merasa tidak nyaman dengan garis-garis merah atau hijau yang terdapat dibawah teks. 

Sebenarnya garis-garis tersebut sangat membantu kita dalam mengetik, namun bagi beberapa orang hal tersebut dirasa sangat mengganggu.

Fungsi Garis Merah di Microsoft Word

Pernahkah anda bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi dari garis-garis merah yang ada di MS. Word? Sebenarnya setiap fitur yang ada di Microsoft Word memiliki fungsi masing-masing yang dapat memudahkan kita mengolah dokumen, salah satunya adalah garis-garis merah tersebut.

Fungsi dari garis merah tersebut adalah untuk memudahkan kita dalam memprediksi kesalahan penulisan atau yang biasa dikenal dengan istilah typo. Setiap kali kita mengetik pasti akan ada kesalahan pengetikan misalnya saja kekurangan atau kelebihan satu huruf dalam kata maka garis-garis merah tersebut akan memprediksi kesalahan tersebut.
 
Namun fitur tersebut hanya akan memprediksi kesalahan pengetikan berdasarkan bahasa/region yang telah anda atur di aplikasi MS. Word. Misalnya saja anda mensetting regionnya adalah US atau Inggris maka aplikasi MS. Word hanya akan memprediksi kesalahan kata yang berbahasa Inggris saja.

Makanya ketika anda mengetik dalam bahasa Indonesia, maka garis-garis merah tersebut pasti akan muncul disetiap ketikan anda. Hal tersebut menandakan bahwa pengaturan region anda adalah Inggris dan bukan Indonesia.

Fungsi Garis Hijau di Microsoft Word

Selain garis merah, di MS. Word juga terdapat garis-garis hijau yang muncul dibawah teks. Apa fungsi garis hijau dibawah teks ketika kita mengetik di MS. Word? Ternyata fungsinya adalah untuk mengecek grammar ketika anda mengetik dalam bahasa Inggris. Jadi anda tidak perlu capek dan repot-repot lagi mengeceknya berulang-ulang karena MS Word akan mengeceknya secara otomatis.

Cara Menghilangkan Garis Merah dan Garis Hijau di Word

Walaupun sudah tau fungsi masing-masing garis tersebut namun anda tetap ingin menghilangkannya karena dianggap menggangu, berikut akan saya berikan tutorial menghilangkan garis merah dan garis biru di Microsoft Word. Cara ini bisa anda gunakan untuk semua versi MS. Word baik itu MS. Word 2016, 2010, 2007 dan 2003.

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Microsoft Word
  • Untuk MS. Word 2010 kebawah, silahkan buka Office Button kemudian pilih Word Options. Untuk pengguna MS. 2016 silahkan buka File kemudian pilih Options
  • Selanjutnya silahkan ke bagian Proofing lalu hilangkan tanda centang pada Check spelling as you type dan Mark grammar errors as you type dan jika sudah silahkan klik OK

  • Jika anda sudah menyimpan pengaturannya maka garis-garis merah maupun hijau tersebut tidak akan kelihatan lagi dibawah teks ketika anda sedang mengetik.

Penutup 

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Menghilangkan Garis Merah dan Garis Hijau di Microsoft Word, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih

Baca juga