Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Office Button di Microsoft Excel

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel. Aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office ini sangat membantu kita dalam mengolah dokumen dalam bentuk tabel. Disamping itu, dengan menggunakan MS. Excel kita dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai macam perhitungan dengan menggunakan nilai tertentu dalam urutan tertentu. 

Namun secara umum, Excel digunakan untuk mendapatkan jumlah, rata-rata, perhitungan, nilai maksimum, dan nilai minimum pada berbagai sel.

Dalam penggunaannya, masih banyak orang yang belum terlalu menguasai aplikasi ini karena memang ada banyak fitur atau tools yang belum kita mengerti salah satunya tools-tools yang ada pada Office Button MS. Excel.

Office button biasanya terdapat disebelah kiri atas pada lembar kerja dan ketika Office Button diklik maka akan muncul berbagai macam fitur yang bisa kita gunakan untuk mengolah dokumen kita.  

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai fungsi masing-masing fitur yang ada pada Office Button di Microsoft Excel.

Fungsi Office Button di MS. Excel 

Di Office Button Excel terdapat sembilan (9) tools yang bisa kita gunakan untuk mengolah dokumen. Berikut ini fungsi dari masing-masing tools tersebut:

1. New (CTRL+N)

 

New digunakan untuk membuat lembar kerja baru di MS. Excel. Kamu juga bisa menekan CTRL+N secara bersamaan di keyboard untuk membuka lembar kerja baru. Untuk membuka lembar kerja baru, kamu tidak perlu menutup lembar kerja yang sudah terbuka karena kamu bisa membuka lebih dari satu lembar kerja di aplikasi ini.

2. Open (CTRL+O)

 

Open digunakan untuk membuka file atau dokumen yang telah tersimpan di folder perangkat kita. Kamu juga bisa menekan CTRL+O dari keyboard sebagai perintah alternatif untuk membuka dokumen tersebut.

3. Save (CTRL+S)

 

Save digunakan untuk menyimpan file. Perintah keyboard untuk save adalah CTRL+S. Ketika kamu sudah menyimpan file ke dokumen terus melanjutkan ketikan kamu, untuk menyimpan file tersebut secara otomatis maka silahkan gunakan fitur ini maka hasil ketikan kamu akan tersimpan secara otomatis ke dokumen yang telah kamu save tadi.

4. Save As

 

Save As digunakan untuk menyimpan dokumen sebagai kedalam folder kamu. Save As sedikit berbeda dengan Save (CTRL+S). Di Save As, kamu bisa menyimpan dokumen dengan membuat file baru dengan nama yang berbeda dari file yang sudah disimpan sebelumnya.

 Di tools Save As terdapat beberapa fitur lainnya seperti:

  • Excel Workbook digunakan untuk menyimpan file (buku kerja) kedalam file default
  • Excel Macro-Enabled Workbook digunakan untuk menyimpan buku kerja kedalam format file berbasis XML dan makro aktif
  • Excel Binary Workbook digunakan untuk menyimpan buku kerja kedalam format file biner yang telah dioptimalkan untuk membuat dan menyimpannya dengan cepat.
  • Excel 97-2003 Workbook digunakan untuk menyimpan salinan buku kerja yang sepenuhnya relefan atau kompatibel dengan Excel 97-2003
  • Find add-ins for other file formats digunakan untuk meminta bantuan secara online di Microsoft Office Online
  • Other Formats digunakan untuk membuka kotak dialog simpan sebagai untuk memilih dari semua jenis file yang memungkinkan

5. Print (CTRL+P)

 

Print digunakan untuk mencetak file atau dokumen yang telah dikerjakan. Di Print terdapat 3 fitur lainnya seperti: 

  • Print digunakan untuk mengatur percetakan dokumen, jumlah salinan dan opsi pencetakan lainnya sebelum di cetak ke kertas
  • Quick Print digunakan untuk mencetak dokumen langsung ke printer secara default tanpa harus membuat perubahan terlebih dahulu.
  • Print Preview digunakan untuk meninjau kembali dokumen yang akan dicetak nantinya.

6. Prepare

 

Prepare digunakan untuk mengedit pengaturan yang akan diterapkan pada dokumen misalnya menambahkan author, menambahkan password pada dokumen, dan lain sebagainya. Di Prepare terdapat beberapa tools seperti:

  • Properties digunakan untuk melihat dan mengedit properti dokumen seperti judul, penulis dan kata kunci
  • Inspect Document digunakan untuk mengecek dokumen metadata tersembunyi atau informasi pribadi
  • Enscrypt Document digunakan untuk memberikan sebuah kata sandi pada dokumen agar dokumen tersebut dapat terlindungi
  • Restrict Permission digunakan untuk membatasi kemampuan akses seseorang untuk mengedit, menyalin dan mencetak dokumen
  • Add a Digital Signature digunakan untuk menambahkan tanda tangan digital yang tidak terlihat agar dokumen dapat dipastikan integritasnya
  • Mark as Final digunakan untuk memberikan tanda agar pembaca tahu bahwa dokumen tersebut telah selesai dan siap dibaca.
  • Run Compatibility Checker digunakan untuk memeriksa fitur yang tidak didukung oleh versi Microsoft Excel sebelumnya

7. Send 

 

Send digunakan untuk mengirim dokumen yang telah selesai anda buat. Di Fitur Send terdapat dua layanan yang bisa anda gunakan yakni:

  • Email digunakan untuk mengirim dokumen melalui Email
  • Internet Fax digunakan untuk mengirim dokumen melalui Fax Internet 

8. Publish 

 

Publish digunakan untuk mempublikasikan dokumen yang telah anda buat kedalam berbagai macam media publikasi. Terdapat tiga media yang didukung oleh MS Excel dan dapat anda gunakan untuk mempublikasikan dokumen anda seperti:

  • Excel Services digunakan untuk simpanan layanan Excel, tentukan apa yang akan ditampilkan di browser dan setelan opsi.
  • Document Management Server digunakan untuk membagikan dokumen untuk disimpan di Document management Server MsExcel
  • Create Document Workspace digunakan untuk membuat situs baru untuk dokumen dan tetap mensinkronkannya dengan salinan dokumen lokal

9. Close 

 

Close digunakan untuk menutup halaman kerja Microsoft Office Excel ketika selesai digunakan.

Penutup

 Demikianlah artikel saya mengenai masing-masing fungsi yang ada di Office Button Microsoft Excel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close