Cara Mengganti Kata di Microsoft Word Secara Otomatis

Seringkali ketika kita mengerjakan sebuah dokumen di MS Word, terkadang kata yang kita gunakan dirasa tidak sesuai sehingga kita ingin mengganti kata tersebut dengan kata baru yang lebih sesuai. Misalnya saja dalam sebuah dokumen, kamu sudah menggunakan kata aku untuk menunjuk diri sendiri (si penulis) namun setelah di kroscek kembali ternyata kata aku tidak terlalu bagus kedengaran sehingga kamu ingin mengganti kata aku tersebut dengan kata saya

Umumnya untuk mengganti kata yang salah kita mencari kata tersebut satu per-satu dan menggantinya dengan kata yang baru, namun cara tersebut memakan waktu yang sangat lama apalagi jika dokumen yang kita buat sampai berpuluh-puluh halaman. 

Belum lagi ketika ada kata yang terlewat dari penelusuran kita, bisa-bisa karya yang kita buat menjadi tidak karuan karena penggunaan kata yang kurang formal dan tidak konsisten.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ternyata Microsoft Word telah menyediakan tools yang bisa kamu gunakan untuk mengganti kata yang dianggap salah dengan kata yang baru secara otomatis. Kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari kata yang salah satu per satu karena tools ini akan menelusuri semua kata yang salah tersebut lalu menggantinya dengan kata yang baru dalam waktu yang sangat singkat.

Cara Mencari dan Mengganti Kata di Microsoft Word

Untuk mencari kata yang salah dan menggantinya dengan kata yang baru secara otomatis di Microsoft Word, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan buka dokumen Microsoft Word 
  • Selanjutnya silahkan ke menu Home lalu pilih Replace (Ctrl + H)
  • Jika jendela Find and Replace telah muncul, di bagian Replace terdapat kolom Find What dan Replace With. Silahkan isi kolom tersebut dengan:
    1. Find What: kata yang salah dan ingin kamu ganti
    2. Replace With: kata yang akan kamu gunakan untuk mengganti kata yang salah
  • Nah jika sudah silahkan klik Find Next lalu klik Replace All untuk mengganti semua kata yang salah dengan kata yang baru. 
  • Jika sudah silahkan tutup jendela Find and Replace dengan mengklik ikon x (silang) di pojok kanan atas jendela Find and Replace
Jika masih ada kata yang ingin kamu ganti dalam dokumen, silahkan ulangi langkah-langkah yang telah saya paparkan diatas.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Mengganti Kata di Microsoft Word Secara Otomatis, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terus ikuti situs ini untuk mendapatkan trik-trik MS Office terbaru dan terlengkap. Terima kasih.

Baca juga