Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Cara Mengurutkan Abjad di Microsoft Word Secara Otomatis

Ketika kita membuat dokumen di Microsoft Word misalnya saja kita membuat daftar nama, membuat daftar pustaka, membuat data-data dan lain sebagainya, kita harus menyusun daftar tersebut menurut abjad mulai dari A sampai Z. 

Hal tersebut dimaksudkan agar kita dengan mudah dapat menemukan daftar yang telah kita buat.Namun terkadang karena banyaknya data yang hendak kita input dan juga data tersebut tidak karuan maka kita asal mengetik saja data-data tersebut kedalam Microsoft Word sehingga tidak berurutan lagi menurut abjad.

Jika kita membuat daftar nama ataupun daftar pustaka, maka kita harus mengurutkan daftar yang tidak karuan tersebut menurut abjad agar mudah dicari kedepannya. MS Word sebagai salah satu aplikasi pengolah kata pun telah menyiapkan tools yang dapat membantu kamu dalam mengurutkan abjad secara otomatis. 

Jadi kamu tidak perlu lagi repot-repot mengurutkannya satu per satu karena hal tersebut akan memakan waktu yang sangat lama apalagi jika data yang kamu kerjakan sangatlah banyak.

Cara Mengurutkan Abjad di MS Word

Kali ini saya memberikan tutorial ini menggunakan Word 2013 namun cara ini juga sama bagi Word 2016, 2010, 2007 dan 2003. Nah berikut ini langkah-langkah untuk mengurutkan abjad di Microsoft word secara otomatis. 
  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Microsoft Word atau buka dokumen yang hendak kamu urutkan abjadnya
  • Selanjutnya silahkan blok data-data yang hendak kamu urutkan abjadnya lalu ke menu Home lalu pilih Sort
  • Jika jendela Sort Text telah muncul, silahkan atur pengurutannya misalnya di Sort by, jika kita mengklik kolom Type maka akan muncul pengurutan berdasarkan teks, nomor dan tanggal. Silahkan pilih salah satunya sesuai dengan data kamu. Jika sudah silahkan klik OK
  • Jika sudah maka secara otomatis data-data yang ada di lembar kerja kamu akan terurutkan secara otomatis

Penutup

Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengurutkan Abjad di Microsoft Word Secara Otomatis, semoga artikel ini dapat berguna untuk kamu. Ikuti terus situs ini untuk mendapatkan informasi dan juga trik-trik seputar Microsoft Office. Terima kasih
Tofan Ada' Sura'
Tofan Ada' Sura' Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard