Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Sesuai Abjad di Word

Daftar pustaka merupakan sekumpulan referensi yang biasa dicantumkan pada makalah, skripsi, tesis, disertasi, buku, dan berbagai macam karya ilmiah lainnya. Daftar pustaka biasanya bersumber dari buku, jurnal, maupun internet.

Daftar pustaka bisa dibilang sangat penting karena sebagai apresiasi bahwa kita menggunakan referensi atau mengutip yang ditulis oleh sang penulis buku tersebut. Apabila kita tidak mencantumkan daftar pustaka pada karya ilmiah kita maka bisa dibilang kita sudah melakukan plagiat karena ingin mengakui karya orang lain sebagai hasil pemikiran kita.

Salah satu aturan penulisan dalam membuat daftar pustaka untuk karya ilmiah adalah harus tersusun secara rapi sesuai dengan abjad A sampai Z, walaupun beberapa orang kadang mengabaikan hal ini tapi ini juga tergolong sangat penting untuk memudahkan kita dalam melihat referensi apa saja yang telah digunakan dalam tulisan tersebut.

Untuk mengurutkan daftar pustaka tersebut, kamu tidak perlu melakukannya secara manual atau mendaftarnya satu per satu sesuai dengan abjad kemudian memasukkannya lagi ke Microsoft Word. Di Microsoft Word sendiri sudah ada tools yang sangat membantu kita untuk mengurutkan abjad dari A sampai Z dan itu bisa kita gunakan juga untuk mengurutkan daftar pustaka secara otomatis.

Nah di artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Secara Otomatis Sesuai Abjad di Ms Word. Silahkan disimak caranya dibawah ini.

Cara Mengurutkan Daftar Pustakan Secara Otomatis di Word

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi MS Word lalu buka file yang berisi daftar pustaka yang ingin diurutkan tersebut
  • Kemudian blok daftar pustaka yang hendak di urutkan sesuai abjad
  • Selanjutnya silahkan ke menu Home lalu di bagian Paragraph silahkan pilih Sort
Sort
  • Jika jendela Sort Text sudah muncul, silahkan sesuaikan di bagian Sort by. Pada kolom pertama silahkan pilih Paragraph, kemudian di kolom Type silahkan pilih Text. Karena kita akan mengurutkannya sesuai abjad A-Z maka pilih Ascending. Jika semua sudah diatur silahkan klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Jendela Sort by

  • Maka secara otomatis daftar isi yang telah kamu ketik dan masih berantakan tadi akan diurutkan secara otomatis.

Daftar pustaka yang sudah diurutkan

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Mengurutkan Daftar Pustaka Secara Otomatis Sesuai Abjad di Ms Word, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard