Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyalin Beberapa Paragraf Secara Acak (Spike) di Word

Pernahkah kamu mendengar istilah Spike dalam penggunaan Microsoft Word?

Jika belum maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas trik sederhana ini tapi sangat membantu kita ketika membuat tugas di Microsoft Word.

Apa Itu Spike?

Mungkin kamu yang masih sangat awam bertanya-tanya, apa itu spike? Nah Spike merupakan sebuah trik Microsoft Word yang digunakan untuk mengumpulkan beberapa blok teks atau gambar secara acak (Cut) dari beberapa lokasi berbeda (dokumen Word) kemudian menempelkan (paste) semua teks yang telah dipilih ke satu dokumen Word yang baru secara rapi.

Trik ini memang sangat bermanfaat bagi kita yang ingin menyalin beberapa kalimat yang sangat penting dalam satu dokomen kemudian membuatnya menjadi dokumen baru.

Cara Cut Paste (Spike) di Microsoft Word

Nah bagaimana cara memotong (menyalin) beberapa kalimat secara acak dalam satu dokumen/ beberapa dokumen kemudian menempelkannya di dokumen yang baru? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama silahkan buka file Microsoft Word yang ingin kamu salin beberapa paragrafnya secara acak
  • Selanjutnya blok satu kalimat yang ingin disalin
  • Silahkan tekan Ctrl+F3 di keyboard secara bersamaan. 
Ctrl+F3 (Spike)
  • Lakukan hal yang sama untuk beberapa kalimat berikutnya yang ingin anda pindahkan ke dokumen yang baru.

Ctrl+F3 (Spike)

  • Sebagai contoh saya hanya mengambil dua paragraf saja secara acak dalam satu dokumen (perhatikan gambar diatas). Untuk menempelkan teks yang telah dipotong tadi silahkan buka dokumen baru (atau ke halaman tujuan baru) lalu tekan Ctrl+Shift+F3 di keyboard secara bersamaan.

Ctrl+Shift+F3 (Paste)

 Catatan:

Agar dokumen yang kamu sudah salin tadi tidak berantakan (hilang beberapa bagian) karena operasi Spike, maka ada baiknya ketika selesai memblok dan menekan Ctrl+F3 kamu juga langsung menekan Ctrl+Z (Undo). 

Hal tersebut tidak akan membatalkan operasi Spike kamu karena hal tersebut hanya akan mengembalikan kalimat yang hilang karena di Cut tadi dari dokumen. 

Penutup

Demikianlah sedikit trik dari saya mengenai Cara Menyalin Beberapa Paragraf Acak (Spike) dari Sejumlah Dokumen di Word, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close