Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik-trik Microsoft Word yang Berguna Untuk Mengerjakan Skripsi

Buat para mahasiswa, mau tidak mau suka tidak suka skripsi merupakan tugas akhir yang harus dikerjakan. Bisa dibilang skripsi merupakan salah satu penentu mahasiswa bisa lulus dari kampus atau tidak. 

Jika dibandingkan dengan tugas-tugas yang lain, skripsi mempunyai bobot SKS yang cukup tinggi. Kalau mata kuliah lain bobot SKSnya 2 (dua) sampai 3 (tiga), maka skripsi biasanya mempunyai bobot 6 (enam) SKS (waktu saya kuliah dulu yah).

Karena begitu pentingnya tugas akhir tersebut maka skripsi tidak boleh dikerjakan sembarangan baik itu dari isi skripsi tidak boleh ngawur maupun penulisannya juga harus rapi.

Dalam membuat skripsi, aplikasi yang paling sering dan bahkan bisa dibilang aplikasi wajib digunakan adalah Microsoft Word karena aplikasi ini memiliki berbagai macam tools yang sangat membantu kita dalam membuat maupun mengolah sebuah dokumen.

Nah untuk kamu mahasiswa yang sedang bergulat dan dibuat pusing dengan skripsi, kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa trik Microsoft Word yang sangat berguna sekali ketika kamu sedang mengerjakan Skripsi. (Referensi: Ilmu Networking)

Mencari dan Mengganti Kata yang Salah

Ketika membuat skripsi, pasti kamu sering typo atau salah menulis kata. Untuk menemukan kata tersebut kemudian menggantinya dengan kata yang baru, biasanya kita mencari satu per satu. 

Jangan pernah melakukan hal itu lagi!

Di aplikasi Microsoft Word sudah menyediakan fitur Find and Replace yang dapat kamu gunakan untuk mencari dan mengganti kata yang salah. 

Cara penggunaannya yaitu kamu tinggal mengetik CTRL+H dan ketika tampilan Find and Replace sudah muncul kemudian klik tulisan More. Sekarang kamu bisa sekaligus mengganti format kata/kalimat yang diinginkan menggunakan Replace

Agar Tidak Capek-capek Scrolling

Biasanya  ketika kita ingin berpindah dari satu halaman ke halaman lain misalnya dari halaman 1 ke halaman paling akhir  begitupun sebaliknya di skripsi kita, kita biasanya menggunakan scroll untuk bisa berpindah-pindah halaman. 

Ternyata ada cara simpelnya untuk berpindah-pindah halaman. Gunakan saja shortcut Shift+F5 di keyboard komputer kamu. Dengan begitu kamu bisa loncat-loncat ke halaman paling aktif pada dokumen kamu

Full Justification Formating

Dalam membuat sebuah skripsi, salah satu unsur yang harus diperhatikan adalah kerapian, formal dan terlihat lebih profesional. Oleh karena itu Full Justification Formating akan membuatnya sempurna.

Agar di skripsimu rata kiri dan kanan benar-benar sempurna, tampak profesional dan formal, silahkan klik logo Office => Word Options =>Advanced => klik Layout Options. Lalu mulailah mengatur dari sini.

Kertas Potrait dan Landscape

Mungkin kamu bertanya-tanya, bisakah kertas potrait dan lanscape sekaligus dalam satu file? Jawabannya tentu saja bisa.

Tentukan terlebih dahulu halaman atau paragraf yang ingin kamu atur menjadi Potrait dan Landscape. Kamudian klik Page Layout => Page Setup => Margins => lalu pilih Custom Margins. Silahkan pilih Potrait atau Landscape yang akan diterapkan pada halaman. Pada pilihan Apply to (kiri bawah) silahkan klik Selected Text. Klik OK untuk menyimpan pengaturan,

Ingin Cut Paste Lebih Banyak Item?

Enak yah kalau bisa memilih beberapa paragraf acak dari sejumlah dokumen, kemudian paste dari satu file sekaligus? Ternyata ini ada caranya, namanya Spike.

Blok kata yang ingin di Cut dan tekan Ctrl+F3. Operasi inilah yang disebut Spike. Blok bagian lainnya lagi dengan cara yang sama. Jika ingin Undo (membatalkan) Spike terakhir, kamu tinggal memencet Ctrl+Z

Ketika dirasa sudah cukup, paste dengan Ctrl+Shift+F3 semua yang telah kamu Cut maka akan tampil rapi di file baru.

Paste

Perintah Paste ternyata bisa kamu atur, jadi kamu tidak perlu kerepotan saat meng-copy URL kedalam tugas paper kamu dan bisa menyesuaikan formatnya sesuai selera. Klik tombol Office (kiri atas) kemudian pilih Word Options lalu pilih Advanced

Sampai disitu, sudah seharusnya kamu bisa melihat pilihan Cut, Copy dan Paste. Langsung saja kamu atur sesuai keinginan.

Hyperlink

Untuk menyisipkan Hyperlink referensi kedalam dokumen, biasanya kita melakukannya dengan memilih Insert kemudian memilih Hyperlink. Kamu bisa mencoba cara yang lebih cepat yakni dengan menekan Ctrl+K secara bersamaan dari keyboard.

Huruf Kapital

Untuk huruf kapital, tidak selamanya kamu harus menggunakan Caps Lock. ada juga Ctrl+Shift+A. Shortcut tersebut akan secara otomatis membuat kapital kata yang telah kamu blok. Disisi lain, ia juga bisa digunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf biasa.

Jangan Sampai Hilang Dokumen

Jangan sampai hilangnya dokumen bikin target pendadaran keteteran. Kamu bisa mengatasi hilangnya dokumen dengan tips rahasia ini.

Kamu bisa mengklik File => Open. Kemudian pilih file yang rusak dan ambil command Recovery Text from Any File dari daftar tipe file (kanan bawah)

Nah bagaimana? Cukup berguna bukan kumpulan trik-trik Microsoft Word diatas untuk mengerjakan skripsi? Langsung saja kamu praktekkan yah untuk mempermudah kamu. 

Demikianlah artikel saya mengenai kumpulan Trik-trik Microsoft Word yang Berguna Untuk Mengerjakan Skripsi, Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close