Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggabungkan Beberapa Kolom Teks Jadi Satu di Excel

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi pengolah data yang cukup populer digunakan saat ini untuk berbagai macam keperluan. Hal tersebut dikarenakan Excel memiliki pengolahan dengan formula, fungsi dan makro VBA (Visual Basic For Applications) yang akan mempermudah kita dalam mengelola data.

Misalnya saja kamu ingin membuat sebuah ID Karyawan pada sebuah kantor atau perusahaan menggunakan Microsoft Excel dengan menggabungkan divisi, nama dan tahun lahir. Namun data yang ada menampilkan divisi, nama dan tahun lahir dalam kolom yang berbeda sehingga kamu harus menyatukan data yang ada di kolom tersebut untuk membuat ID Karyawan. (contoh gambar dibawah)

Nah bagaimana caranya menyatukan data-data tersebut sekaligus tanpa merubah sel tempat data berada?

Kalau kita mau menyatukannya satu per satu tentu saja akan memakan waktu yang sangat lama bukan? Belum lagi jika datanya sangat banyak. 

Nah berikut ini akan saya jelaskan cara praktisnya bagaimana Cara Menggabungkan Beberapa Kolom Teks Jadi Satu di Excel dengan mudah. Silahkan disimak penjelasannya dibawah ini.

Cara Menggabungkan Beberapa Kolom Teks di Excel

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel atau data yang hendak kita gabungkan. 
  • Untuk menggabungkan data tersebut kita akan menggunakan rumus CONCATENATE. Sebagai contoh pada gambar diatas saya hendak menggabungkan kolom divisi (A), nama (B) dan tahun lahir (C) di kolom ID Karyawan (D) dengan pemisah teks tersebut nantinya adalah tanda minus/kurang (-). Jadi rumus yang akan digunakan pada kolom D adalah =CONCATENATE(kolom 1;"-";kolom 2;"-";kolom 3). Jadi hasilnya akan jadi seperti ini =CONCATENATE(A2;"-";B2;"-";C2) lalu tekan Enter 
  •  Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

  •  Untuk mengaplikasikan rumus tersebut ke semua data yang ada di sel, kamu tinggal klik data yang sudah didapatkan kemudian drag (tarik kebawah) sampai pada sel data terakhir.

  •  Maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah.


 Catatan: kamu bisa menggunakan tanda lain sebagai pemisah dalam teks misalnya koma (,), titik dua (:), titik (.) dan lain sebagainya dengan cara mengganti tanda yang ada dalam tanda petik (") pada rumus diatas.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah ulasan saya mengenai Cara Menggabungkan Beberapa Kolom Teks Jadi Satu di Excel, semoga artikel ini dapat berguna dan menjawab kebingunganmu seputar pengoperasian program aplikasi Microsoft Excel.


Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard