Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memisahkan Tanggal Bulan Tahun di Excel

Bingung bagaimana cara memisahkan waktu lahir menjadi tanggal, bulan dan tahun secara otomatis di Excel?

Permasalahan ini sering didapati oleh orang yang mengelola data di kantor, kampus maupun sekolah. Mungkin saja kamu bisa mengetik ulang waktu lahir tersebut satu persatu dengan cara memisahkan tanggal, bulan dan tahun namun hal tersebut pasti akan memakan waktu yang sangat lama terutama jika data yang harus kamu kerjakan sangat banyak.

Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa mencoba tips bagaimana Cara Memisahkan Tanggal Bulan Tahun di Excel Secara Otomatis ini. Dijamin kerjaan kamu menjadi lebih singkat dan lebih mudah.

Cara Memisahkan Tanggal, Bulan dan Tahun di Excel Secara Otomatis

Untuk memisahkan tanggal, bulan dan tahun lahir di Excel secara otomatis, kamu bisa menggunakan rumus day, Month, dan Year. langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan buka program aplikasi Microsoft Excel atau data yang ingin kamu pisahkan tanggal, bulan dan tahunnya (contoh gambar dibawah)

  • Selanjutnya rumus untuk memisahkan tanggal, bulan dan tahun adalah sebagai berikut:
    1. Untuk tanggal rumusnya =DAY(sel tanggal lahir), karena tanggal lahir ada di sel B2 maka =DAY(B2) lalu tekan Enter 
    2. Untuk bulan rumusnya =MONTH(sel tanggal lahir) jadi =MONTH(B2) lalu tekan Enter
    3. Untuk tahun rumusnya =YEAR(sel tanggal lahir) jadi =YEAR(B2) lalu tekan Enter
  • Jika sudah maka hasilnya akan jadi seperti dibawah ini.

  • Agar semua data tanggal, bulan dan tahun bisa masuk secara otomatis, silahkan blog sel yang telah dimasukkan rumus tadi dan hasilnya telah ditemukan, contoh diatas sel C2, D2, E2 lalu drag (tarik) sampai ke sel data terakhir. (lihat gambar dibawah)
  • Jika sudah maka hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.

 Penutup

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikianlah sedikit trik dari saya mengenai Cara Memisahkan Tanggal Bulan Tahun di Excel secara otomatis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjawab persoalanmu. Kalau ada yang hendak kamu tanyakan atau ingin kami ulas di tulisan selanjutnya, silahkan tulis di kolom komentar.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard