Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Mengubah Huruf Kapital (Besar) ke Kecil di Excel

Saat kita mengolah data di Microsoft Excel, ada banyak kendala yang kita dapati terutama jika kita masih sangat awam menggunakan program aplikasi ini. Salah satunya adalah bagaimana cara cepat mengubah huruf besar/kapital ke huruf kecil di Excel.

Contoh kasusnya seperti ini.

Misalnya saja kamu menerima sebuah dokumen Excel dan isi dokumen tersebut berantakan alias semua tulisannya menggunakan huruf kapital. Karena tidak elok dipandang mata dan tidak sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku, maka kamu berniat memperbaiki dokumen tersebut dengan mengubah huruf kapital tersebut menjadi huruf kecil.

Kalau mau diketik ulang atau diperbaiki satu per satu, akan memakan waktu yang sangat lama apalagi jika data tersebut sangat banyak.

Nah ternyata ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah semua huruf besar tersebut menjadi huruf kecil secara otomatis. Kamu bisa memanfaatkan penggunaan Lower dan Proper

Apa Itu Lower dan Proper

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu Lower dan Proper?

Jadi Lower adalah sebuah rumus di Microsoft Excel yang digunakan untuk mengubah huruf kapital (huruf besar) menjadi huruf kecil semua, termasuk pada awal kata.

Sedangkan Proper adalah sebuah rumus di Excel yang digunakan untuk mengubah huruf kapital (besar) menjadi huruf kecil namun pada awal kata masih tetap huruf kapital. Contoh penggunaan Proper adalah saat kita membuat daftar nama, setiap awal kata pasti akan diawali dengan huruf besar.

Cara Mengubah Huruf Besar/Kapital Menjadi Huruf Kecil Semua

Bagaimana pengimplementasian rumus Lower di Microsoft Excel, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama silahkan buka program aplikasi Microsoft Excel atau data yang akan diubah dari huruf besar ke huruf kecil. Misalnya disini saya mempunyai data huruf kapitalnya B2 sampai B8
  • Untuk mengubah huruf kapital yang ada di kolom B2 sampai B8, di kolom C2 silahkan ketik =LOWER(B2) lalu tekan Enter
  • Jika sudah maka data yang ada di kolom B2 (TOFAN ADA) akan menjadi kecil di kolom C2 (tofan ada)
  • Untuk mengubah semua data kapital yang ada di kolom B3 sampai B8 menjadi huruf kecil, silahkan drag kebawah data yang telah berubah di kolom C2 tadi sampai di C8
  • Maka hasilnya akan jadi seperti ini

Cara Mengubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil (Kapital di Awal Kata)

Selanjutnya saya akan membahas bagaimana pengimplementasian Proper di Excel(huruf besar menjadi huruf kecil tapi diawal kata masih huruf besar)

  • Pertama-tama silahkan buka program aplikasi MS Excel atau buka dokumen yang akan diubah dari huruf besar ke huruf kecil (kapital di awal kata). Contoh data dibawah ini (B2 sampai B8 kapital)
  • Untuk mengubah huruf besar yang ada di kolom B menjadi huruf kecil (kapital di awal) di kolom D, maka di kolom D2 silahkan ketik =PROPER(B2) lalu tekan Enter
  • Maka data yang ada di kolom B2 (TOFAN ADA) akan berubah menjadi huruf kecil (kapital di awal) di kolom D2 (Tofan Ada)
  • Untuk mengubah semua data yang ada di kolom B menjadi huruf kecil berawalan kapital di kolom D, maka silahkan drag data dari kolom D2 sampai ke D8
  • Maka hasilnya akan jadi seperti dibawah ini.

Penutup

Demikianlah artikel saya mengenai Cara Cepat Mengubah Huruf Kapital (Besar) ke Kecil di Excel atau cara menggunakan rumus Lower dan Proper di Microsoft Excel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu. Sekian dan terima kasih.
Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close